SENIN , 18 DESEMBER 2017

Nelayan di Parepare Kini Diasuransikan

Reporter:

Editor:

niar

Senin , 06 November 2017 15:15
Nelayan di Parepare Kini Diasuransikan

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Para nelayan di Kota Parepare kini dapat bernafas lega, pasalnya, saat ini mereka telah mengantongi jaminan perlindungan kerja melalui Kartu Asuransi Nelayan yang dibagikan Pemerintah Kota Parepare di Barugae, Rujab Wali Kota Parepare, Senin, (06/11/2017).

Telah tercatat 626 nelayan di Parepare yang menikmati asurasi kerja tersebut, sehingga nelayan tak lagi was-was atas keselamatannya dalam bekerja.

“Alhamdulillah, sangat bersyukur ada kartu asuransi begini dibagikan. Kita mendapatkan jaminan perlindungan saat di laut maupun di darat,” aku Arifuddin Baba, salah seorang nelayan di Kelurahan Labukkang yang juga menerima kartu asuransi nelayan.

Kartu asuransi nelayan yang dibagikan tersebut dapat diklaim oleh Nelayan ketika mereka mendapatkan kecelakaan saat bekerja, baik di laut, maupun di darat.

Melalui asuran PT Jasa Indonesia (Jasindo), para nelayan dapat mengklaim dana tanggungan sebesar Rp 200 juta untuk kecelakaan kerja di laut, dan Rp160 juta di darat.

“Kita akan berikan ke ahli waris tanpa potongan. Kalau sakit, maksimal Rp20 juta pertahun, tapi terkecuali penyakit biasa. Klaim bisa disampaikam di Dinas Perikanan, dan untuk klaim hanya butuh 2 minggu saja,” ujar Girindra Anggoro, Kepala PT Jasinfo Parepare.

Selain kartu asuransi nelayan, Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe juga berencana akan menghadirkan Kawasan Perumahan bagi Nelayan dengan membangun rumah susun.

Rencana itu kata Taufan, akan dihadirkan untuk memaksimalkan kepedulian kepada para nelayan yang tinggal di pesisir lantai.

“Itulah mimpi saya. Sementara kita perjuangkan di pusat. Apakah satu atau dua tahun, rusunawa untuk nelayan saya akan hadirkan. Doakanka, Insya Allah saya hadirkanki kawasan perumahan nelayan,” tutup Taufan, seraya menyerahkan secara simbolis kartu asuransi kepada ratusan nelayan di 22 kelurahan. (Nia)


div>