RABU , 26 SEPTEMBER 2018

NGO Galang Gerakan “Lorong Dangko Bersih”

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Sabtu , 24 Januari 2015 23:20

Pengirim: Reza Hermansah (Tim Media Aksi Indonesia Muda)
RAKYATSULSEL.COM – Organisasi sosial masyarakat (NGO) yang menaungi anak muda Makassar bernama Aksi Indonesia Muda (AIM) mengajak masyarakat untuk sadar dan peduli terhadap lingkungan dengan menginisiasi pelaksanaan kerja bakti di perkampungan eks kusta Dangko Jongaya Kelurahan Ballangbaru, pada Minggu 18 Januari lalu.

Aksi ini merupakan tahap awal untuk membangun sebuah aksi peduli lingkungan yang terus menerus berkelanjutan di Dangko. Tidak sekali ini saja, tapi kedepan kami akan terus mendorong warga untuk peduli kebersihan lingkungan. Lorong ini termasuk salah satu daerah yang tergolong kumuh dan memiliki saluran drainase yang tersumbat sehingga kerap berpotensi banjir.

AIM sendiri merupakan organisasi yang masuk kedalam kampung ini sejak dua tahun lalu dengan misi utama pengentasan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat, ungkap Derry Perdana Munsil selaku President AIM. Selain kegiatan bersih-bersih lorong, AIM juga melakukan aksi street campaign, dimana para volunteer yang ikut serta mengambil gambar serta video kreatif yang diunggah ke sosial media untuk mengajak dan mengkampanyekan gerakan anak muda bersihkan lorong.

Kegiatan bersih-bersih lorong ini akan rutin dan berkelanjutan tidak lain kami buat sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi lorong yang semakin tidak terurus. Kami berharap agar kerja bakti bersih-bersih lorong menjadi rutinitas yang kembali digaungkan oleh anak muda yang selama ini mulai jarang ditemukan didaerah perkotaan.

Selain itu, akhir-akhir ini pemkot Makassar gencar melakukan kampanye Makassar Tidak Rantasa, namun sebagai masyarakat kami belum melihat progress yang signifikan terkait kampanye program ini. Sekretaris AIM, Yusuf Muhammad memaparkan bahwa, “program MTR akan menghadapi beragam kesulitan selama anak muda tidak dilibatkan”. Sehingga kami yakin dengan keterlibatan anak muda, kami akan terus berupaya menghegemoni masyarakat lainnya untuk mulai ‘menghidupkan’ kebiasaan peduli lingkungan. Kami juga bercita-cita untuk mengubah image tentang kampung eks kusta dangko ini menjadi sebuah kampung yang memiliki beragam keunikan termasuk kreatifitas dalam perawatan lingkungan. Dalam waktu dekat AIM akan membuat program ‘vertical garden’ yang akan kami pasang disepanjang lorong Dangko untuk menciptakan suasana yang nyaman dan kelihatan indah.


div>