SENIN , 18 DESEMBER 2017

NH Siap Hadiri International Cooperative Alliance (ICA) Asia-Pasifik

Reporter:

Editor:

Sofyan Basri

Selasa , 03 Oktober 2017 20:22
NH Siap Hadiri International Cooperative Alliance (ICA) Asia-Pasifik

Nurdin Halid. foto: jpnn.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Nurdin Halid (NH), bakal menghadiri konferensi global yang dilaksanakan Aliansi Koperasi Internasional atau International Cooperative Alliance (ICA) Asia-Pasifik di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 14 November mendatang.

Dalam forum tersebut, NH siap mendorong sinergitas koperasi Asia-Pasifik dalam upaya mensejahterakan masyarakat.

“Undangan dari panitia ICA Global Conference and General Assembly di Kuala Lumpur sudah masuk. Insya Allah  siap menghadiri kegiatan tersebut,” kata NH di Jakarta, Selasa 3 Oktober.

NH berupaya mendorong agar koperasi lintas negara harus bersinergi untuk menopang satu negara dengan lainnya. Semua itu demi mendorong pembangunan dan peningkatan kesejahteraan.

“Di Indonesia, kita semua tahu koperasi adalah soko guru pembangunan,” kata Tokoh koperasi nasional ini.

Konferensi global Aliansi Koperasi Internasional Asia Pasifik akan digelar dalam dua sesi. Pada sesi pertama, forum koperasi lintas negara tersebut mempertemukan dewan global dengan dewan regional dan sektoral di setiap negara.

Sedangkan pada sesi kedua, dihelat pertemuan yang hanya melibatkan dewan global Aliansi Koperasi Internasional Asia Pasifik. Konferensi global Aliansi Koperasi Internasional Asia Pasifik dipusatkan di Sunway Resort Hotel and Spa, Malaysia.

Tuan rumah pelaksanaan event bertaraf internasional tersebut yakni Angkatan Koperasi Kebangsaan Malaysia Berhad atau disingkat Angkasa. Konferensi global kali ini mengangkat tema ‘Koperasi : Menempatkan Manusia dalam Pusat Pembangunan’.

NH menambahkan, konferensi global Aliansi Koperasi Internasional Asia Pasifik akan membahas pelbagai isu penting tentang perkoperasian. “Kebanyakan materi yang dibahas masih merupakan tindak lanjut atas pertemuan sebelumnya di Hanoi, Vietnam, pada April 2017,” ungkapnya.

Kala itu, sedikitnya 500 utusan internasional hadir, termasuk sejumlah menteri, duta besar dan pimpinan organisasi internasional.

Undangan dari Aliansi Koperasi Internasional Asia Pasifik sendiri menunjukkan kiprah NH yang telah mendapatkan pengakuan di tingkat global.

Untuk diketahui, pemahaman NH dalam pengelolaan koperasi maupun ekonomi kerakyatan itulah yang menjadi modal dalam menyusun Gerakan Bangun Kampung untuk maju di Pilgub Sulsel. Gerakan yang kian populer itu menjadi program andalan NH bersama Aziz Qahhar Mudzakkar pada Pilgub Sulsel 2018.


div>