SENIN , 22 OKTOBER 2018

Nilai Ekspor Sepanjang Tahun 2015 Menurun

Reporter:

Editor:

hur

Jumat , 15 Januari 2016 16:48

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Total nilai ekspor Sulawesi Selatan sepanjang tahun 2015 mencapai USD 1.409,10 juta. Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2014, maka telah terjadi penurunan sebesar 19,38 persen. Adapun nilai ekspor sepanjang 2014 sebesar 1.747,92 Juta USD.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan, Nursam Salam, saat menggelar berita resmi statistik di Kantornya, Jl Haji Bau, Jumat (15/1).

Dalam keterangannya, Nursam membeberkan bahwa penurunan nilai ekspor sepanjang tahun 2015 terjadi karena penurunan harga global di negara tujuan. “Kalau kita liat nilai ekspor kita memang menurun, tapi sebenarnya volume ekspor naik. Hal tersebut diakibatkan oleh penurunan harga global,” ujarnya.

Sementara itu, pakar ekonomi yang juga dosen Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, Dr Marsuki DEA, menilai, penurunan nilai ekspor di sulsel sepanjang tahun 2015 diakibatkan oleh banyak hal, baik karena faktor eksternal, seperti akibat dari krisis global yang memang masih terasa terutama yang melanda mitra dagang Sulsel. “Sehingga hal tersebut menyebabkan permintaan komoditas-komoditas suksel juga menurun, baik komoditas tambang, pertanian maupun komoditas ekspor lainnya,” terangnya.

Lanjut Marsuki, penurunan nilai ekspor juga terjadi karena harga komoditas dunia yang rendah, sehingga meskipun jumlag kuantitas ekpor meningkat namun nilainya berkurang.

“Apalagi memang jumlah kuantitas yang diekspor berkurang, karena beberapa produk ekspor unggulan produksinya berkurang oleh persoalan musim kering El Nino yang melanda sulsel. Selain itu, memang kemampuan perusahaan-perusahaan dalam menghasilkan produk-produk untuk ekspor berkurang akibat krisis yang melanda bisnisnya, dikarenakan meningkatnya biaya produksi yang berasal dari input impor yang semakin mahal akibat lemahnya nilai tukar,” demikian Marsuki.


div>