SENIN , 10 DESEMBER 2018

None Akan Wujudkan Bandar Udara Lutim

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 10 September 2015 15:58
None Akan Wujudkan Bandar Udara Lutim

Penjabat Bupati Luwu Timur, Irman Yasin Limpo dalam diskusi lepas saat ngopi di Warkop 533. Mewujudkan pembangunan Bandara Lutim menjadi topik utama. (Dedi/RakyatSulsel)

MALILI, RAKYATSULSEL.COM – Penjabat Bupati Luwu Timur (Lutim), Irman Yasin Limpo, akan mewujudkan pembangunan Bandara Udara di Lutim. Kehadiran bandara tersebut, diharapkan dapat mempermudah akses transportasi dari dan ke Luwu Timur.

“Kami rencanakan akan melakukan pembuatan bandara Lutim, agar dapat menjangkau dan melancarkan transportasi,” kata None, sapaan akrab Imran Yasin Limpo di saat ngopi di Warkop 533, Rabu (9/9) malam.

Menurut None, pembangunan bandara di Luwu Timur dirasakan sangat penting karena jangkauan ke Lutim sangat jauh dari Makassar, ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan. Selain itu, kata dia, Kabupaten Luwu Timur perbatasan langsung dengan dua provinsi lainnya yaitu Sulawesi Tengah dengan Sulawesi Tenggara.

Dengan kehadiran Bandara Lutim, akan sangat dapat memudahkan akses masyarakat Lutim dan pemerintahan ke daerah lain. Apalagi di Lutim, bahan baku pembangunan bandara sudah tersedia dan sangat mudah didapatkan. “Kita mudah membangun bandara di Lutim ini, karena material untuk pembuatan bandara semua ada. Jadi kita tidak susah dengan persoalan itu,” ungkap None.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa dengan adanya bandara Lutim, maka perjalanan transportasi ke Makassar dapat disingkat menjadi hanya 30 menit. Sementara selama ini, perjalanan dari Makassar ke Lutim masih membutuhkan waktu sangat panjang, yakni sampai 12 jam baru tiba di tujuan.

None menjelaskan, kalau bandara Lutim sudah ada, maka semua akses transportasi bisa lancar, sehingga dari segi ekonomi dan Pariwisata akan meningkat. Dia menyebutkan bahwa Lutim memiliki sangat banyak obyek wisata bisa dikunjungi. “Namun mungkin karena akses di Lutim yang jauh, sehingga obyek wisata jarang dikunjungi oleh para wisatawan dan para investor untuk menanam modal,” katanya.

Bukan hanya itu, Bupati Caretaker Luwu Timur ini juga bermimpi untuk membuat rel kereta api untuk mempermudah jalur darat. “Marilah kita bermimpi untuk membuat rel kereta api di Lutim, agar Lutim dapat dijangkau oleh semua kalangan,” ajak None.


div>