JUMAT , 19 OKTOBER 2018

None: Calkades harus Selalu Senyum

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 29 September 2015 17:18

MALILI, RAKYATSULSEL.COM – Pelaksana tugas Bupati Luwu Timur (Lutim), Irman Yasin Limpo, memberikan tips kepada 174 calon kepala desa (Calkades) yang tersebar di 51 desa, pada 11 Kabupaten Lutim.

Tips itu diberikan terkait dengan akan digelarnya Pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak pada 12 Oktober mendatang.

“Para Calkades perlu memberikan penyampaian program apa yang akan dibangun jika menjadi kepala desa, sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya. Selain itu, Calkades perlu sering tersenyum agar memberi kesan baik kapada masyarakat sebagai pemilih anda nantinya. Kalau Calkadesnya malas senyum, maka masyarakat yang memilihnya perlu mempertanyakan, jadi Calkades jangan malas senyum,” kata Irman yang akrab dengan panggilan None, dalam rapat konsolidasi Pilkades serentak di gedung Simpurusiang, Selasa (29/9).

Menurut None, senyum merupakan salah satu cara yang mudah untuk memberi kesan baik kepada masyarakat. Sebab kata dia, jika pribadi Calkades tidak ramah kepada masyarakat, itu pertanda kurang baik ketika nantinya Calkades terpilih menjadi Kades.

“Saran dan tips saya, Calkades ketika bertemu dengan masyarakat perbanyaklah senyum di manapun anda berada, agar terkesan ramah dan memiliki internal diri atau kepribadian yang bagus di mata masyarakat. Itu penting, makanya seringlah senyum,” tambah None.

Selain itu, dirinya menghimbau kepada Calkades agar menjaga ketertiban saat melaksanakan Sosialisasi untuk mencari dukungan massa pemilih, atau pun saat pemilihan di gelar. Karena itu, dia pun mengingatkan kepada para pendukung masing-masing Calkades agar tertib dan tidak merusak pesta demokrasi yang ada di tingkat desa itu, agar suasana dan atmosfir Pilkades tetap dingin dan aman.

Irman juga mengingatkan, jika ada Calkades serta pendukungnya yang bertingkah dan ingin merusak suasana aman, akan berurusan dengan tingkat yang lebih tinggi seperti Kepolisian dan Pemerintah setempat, atau ketingkat kabupaten sekalipun.

Dia menambahkan, Calkades perlu memilah dan memisahkan urusan dan kepentingan masyarakat dengan unsur politik demi untuk meraup keuntungan, karena dampaknya akan merusak kepetingan masyarakat banyak.

“Kita harapkan Pilkades serentak bisa berlangsung aman dan tertib. Selain itu, jangan ada unsur politik yang bermain di antara para Calkades, di mana ketika terpilih nanti, lebih mengedepankan urusan politiknya dibanding masyarakatnya,” pesan Irman.


Tag
  • pilkades
  •  
    div>