SELASA , 23 OKTOBER 2018

Nostalgia Dubes Republik Ceko di Eks Pabrik Tonasa I

Reporter:

Atho Tola

Editor:

Iskanto

Minggu , 14 Oktober 2018 07:47
Nostalgia Dubes Republik Ceko di Eks Pabrik Tonasa I

int

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Duta besar Cekoslowakia, Ivan Hotek yang didampingi langsung Dirut PT Semen Tonasa Subhan, Direktur Keuangan Bambang Eko Prasetyo, Kadep Humas dan Hukum Ferry Djufri serta jajaran manajemen Semen Tonasa dan Komisaris Harian FAJAR, Zulkifli Gani Ottoh, mengunjungi eks pabrik Tonasa I, Kamis (11/10).

Kedatangan Ivan Hotek sendiri, untuk melihat kondisi pabrik yang saat ini sudah berubah nama menjadi Tonasa Park. Yang berfungsi menjadi taman terbuka, sekaligus taman belajar untuk masyarakat.

Ketua Revitalisasi Tonasa Park, Ade Meiriyadi mengatakan jika hingga saat ini telah terbangun kerja sama yang kuat sejak tahun 1960 antara Indonesia dengan Cekoslowakia, dan itu menjadi alasan Dubes Ivan Hotek untuk berkunjung

“Banyak peninggalan Republik Ceko di eks Pabrik Semen Tonasa ini, itulah yang dilihat langsung oleh Dubesnya. Makanya kita tidak ingin apa yang pernah berjaya dulu hilang. Sehingga saat ini kita buat monumennya dalam bentuk Tonasa Park,” ungkap Ade Meiriyadi.

Terpisah Kepala Biro Humas, Said Chalik menambahkan bahwa PT Semen Tonasa punya kenangan manis dengan pemerintah Republik Ceko, khususnya di awal berdirinya pabrik semen yang berlokasi di kabupaten Pangkep tersebut.

“Mesin industri masih kokoh berdiri diarea Tonasa Park dan kami ingin memperlihatkan dan menolak untuk lupa dengan sejarah itu,” singkat Said.

Diketahui Cekoslowakia yang saat ini menjadi dua negara terpisah, yakni, Republik Ceko dan Slovakia banyak menyumbang untuk kemajuan industri semen di Indonesia, khususnha pada 1960 silam, sebelum Semen Tonasa resmi beroperasi 8 tahun kemudian. (*)


Tag
div>