JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Nurdin Abdullah Ingin Jadikan Sulsel Pusat Pertanian dan Hortikultura

Reporter:

Editor:

Iskanto

Rabu , 24 Oktober 2018 13:40
Nurdin Abdullah Ingin Jadikan Sulsel Pusat Pertanian dan Hortikultura

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah saat membuka Gebyar Perbenihan Tanahaman Pangan Tingkat Nasional.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Selain menjadi pusat pertanian dan tanaman pangan lainnya, Sulawesi Selatan juga harus fokus mengembangkan tanaman holtikultura, termasuk buah-buahan.

Hal itu diungkapakan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah saat membuka Gebyar Perbenihan Tanaman Pangan Tingkat Nasional yang berlangsung di Instalasi Kebun Benih Padi Balai Benih Tanaman Pangan Provinsi Sulawesi Selatan, Kabupaten Maros.

Menurutnya, benih pangan menjadi salah satu pemicu peningkatan produktivitas masyarakat. Untuk itu, kedepannya kualitas benih harus diperbaiki dan dikelola dengan baik.

“Oleh karena itu ke depan, ini yang harus kita tata, makanya perbaiki kualitas benih, hadirkan benih pada saat dibutuhkan, hadirkan pupuk pada saat dibutuhkan. Supaya produksi kita dapat meningkat,” bebernya, Rabu (24/10).

Selain itu, dia juga menginginkan hadirnya pabrik pupuk di Sulsel. Ia menyampaikan, permasalahan yang ada di Sulsel sebenarnya bukan kekurangan tetapi pada hal pendistribusian.

“Jadi kasihan petani pada saat menanam, dimana dapat benih, dimana cari benih, mau cari pupuk sudah langkah. Nah ini harus kita coba perbaiki distribusinya,” paparnya.

Mengingat, kata dia, banyak jenis varietas yang unggul berasal dari Sulsel. Dengan memperbaiki kualitas benih maka akan memberikan kontribusi kepada masyarakat. (*)


div>