RABU , 15 AGUSTUS 2018

Nurdin Abdullah Lepas Peserta Job Training ke Cina

Reporter:

Editor:

hur

Minggu , 06 September 2015 11:22
Nurdin Abdullah Lepas Peserta Job Training ke Cina

Peserta job training ke China berfoto bersama Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah, pejabat daerah Bantaeng, dan eksekutif PT Huadi, sesaat setelah pelepasan di rumah jabatan bupati, Sabtu (5/9) (. (ist)

BANTAENG, RAKYATSULSEL.COM – Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah, pada Sabtu (5/9) lalu, melepas peserta on the job training ke industri smelter milik PT Huadi Nickel Alloy di Cina.

Para peserta on the job training yang dilepas tersebut berjumlah 20 orang, yang merupakan putra/putri daerah yang telah lolos tahap seleksi. Untuk selanjutnya mereka akan akan berangkat ke Cina pada 8 September mendatang.

Dalam kesempatan itu, Kepala HRD PT Huadi Nickel Alloy Rita Latippa mengatakan, seluruh peserta Job Training dari Bantaeng itu akan berada di negeri tirai bambu selama kurang lebih tiga bulan. Untuk bisa lolos sebagai peserta, jelas Rita Latippa, ke-20 peserta yang lolos, sebelumnya telah bersaing dengan ribuan calon, dan telah melalui proses seleksi panjang yang telah dilakukan sejak April.

Dari 2400 berkas yang masuk, telah diseleksi 600 orang untuk mengikuti tes, lalu disaring menjadi 150 untuk diwawancara, kemudian dikerucutkan menjadi 35 orang untuk mengikuti tes kesehatan. Selanjutnya, sebanyak 25 orang menjalani pelatihan di BLKI (Balai Latihan Kerja Industri) Makassar, hingga tersaring 20 orang yang layak mengikuti job training ke Cina.

“Besar harapan saya agar peserta yang terpilih mampu benar-benar melakukan proses belajar yang baik di China, agar dapat menjadi tenaga kerja unggul, berdayaguna, mampu bersaing serta dapat menjadi contoh bagi tenaga kerja muda yang ada di Bantaeng,” kata Rita.

Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah menilai, keberhasilan pemberangkatan ini adalah sebuah fenomena yang patut dihargai dan diberi apresiasi. Di saat ada banyak PHK dan penolakan tenaga kerja asing, Bantaeng justru mengirimkan calon tenaga kerja potensialnya untuk ditraining di China.

“Ini adalah inovasi yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM kita, cikal bakal industri yang sangat besar. Dengan pengalaman ini, kalian harus mampu memanfaatkan serta mengadopsi semua teknologi yang ada di China untuk kemudian diterapkan di Indonesia!” ujar Nurdin Abdullah kepada peserta job training.

Pengiriman tenaga kerja peserta on the job training PT Huadi Nikel Alloy ke China dapat terlaksana atas kerjasama Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantaeng dengan investor smelter PT Huadi.

Sekembalinya dari pelatihan, para peserta akan langsung bekerja di perusahaan swasta PT Huadi yang berlokasi di kawasan Bantaeng Industrial Park (BIP) di Kecamatan Pajukukang, Bantaeng.

Pelepasan tenaga on the job training ke Cina juga dihadiri Wakil Bupati Muhammad Yasin, Sekretaris Daerah Abdul Wahab, Ketua DPRD Bantaeng H Sahabuddin, Manager Operational PT Huadi Mr Chou dan Side Enginer PT Huadi Mr. Wang.


Tag
  • Bantaeng
  •  
    div>