RABU , 17 OKTOBER 2018

Nyaleg di Golkar, JRM Optimistis Terpilih

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Kamis , 26 Juli 2018 21:34
Nyaleg di Golkar, JRM Optimistis Terpilih

Jhon Rende Mangontan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) I Partai Golkar Provinsi Sulawesi Selatan optimis mampu mendudukkan bacalegnya di daerah pemilihan (Dapil) 10 meliputi Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara. Adapun target kursi bagi partai berlambang pohon beringin di dua daerah tersebut sebanyak dua kursi.

Sebelumnya, Golkar hanya mampu meloloskan kadernya satu orang perwakilan perempuan Alfrita Pasande Danduru (almarhumah).

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Daerah Golkar Sulsel, Muhammad Risman Pasigai mengaku optimis partainya bisa meraih dua kursi untuk DPRD Sulsel di dapil ini.

Itu tercermin dengan melihat komposisi dan kekuatan bacalegnya yang didorong di Tana Toraja dan Torut.

“Kita tetap optimis bisa meningkatkan raihan kursi untuk dapil 10. Dari satu menjadi dua. Susunan bacaleg di daerah ini cukup bagus. Apalagi dengan kehadiran Jhon Rende Mangontan dan istri Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara,” kata Risman.

Meski ketatnya persaingan di dapil ini baik dari bacaleg internal maupun parpol lain, Risman menyakini bahwa partainya yakin akan meloloskan kadernya ke DPRD Sulsel.

Menanggapi target tersebut, Jhon Rende Mangontan (JRM) yang maju lewat Golkar dari dapil ini yakin dari dua kursi yang diincar dirinya salah satu di dalamnya.

Optimisme tersebut diakuinya atas dukungan keluarga dan tokoh masyarakat dari berbagai komunitas serta kalangan di Tana Toraja dan Toraja Utara.

“Persoalan optimis, iya, apalagi dorongan keluarga, masyarakat untuk mengabdikan diri melalui parlemen sangat kuat,” kata Jhon Rende Mangontang, Kamis (26/7).

Menurut dia, keikut sertaannya di Pileg bukan karena ambisi kekuasaan maupun jabatan. Melainkan dirinya ingin memajukan Tana Toraja dan Toraja Utara dengan potensi yang dimiliki saat ini.

Untuk itu, jika terpilih mewakili rakyat di dewan, salah satu yang menjadi prioritas di perjuangkan yaitu peningkatan pariwisata baru dan pariwisata lama.

Hal ini demi pengembangan serta peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Apalagi dua daerah ini sudah dikenal mendunia dengan potensi pariwisata saat ini.

Tentu tidak hanya berdampak terhadap peningkatan PAD melainkan kesejahteraan masyarakat juga pastinya akan berpengaruh. “Inilah yang menjadi cita-cita saya kenapa ingin kembali ke Toraja dan mencalonkan diri maju di Pileg,” terang Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Provinsi Papua ini.

Mantan Politisi NasDem ini juga mengaku jika terpilih, dirinya ingin memperjuangkan serta merealisasikan apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan daerah. Tetapi hal itu bisa diwujudkan melalui sinergitas yang dibangun antara pemerintah kabupaten/kota dengan pemerintah provinsi.

Dia menambahkan, seorang anggota dewan tentu harus paham fungsi DPRD yakni sebagai legislasi, anggaran, dan pengawasan yang dijalankan dalam kerangka representasi rakyat.

“DPRD sebagai lembaga legislatif merupakan lembaga perimbangan terhadap kekuasaan eksekutif yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah provinsi,” urainya. (*)


div>