RABU , 21 NOVEMBER 2018

Obama Kantongi SK Pencopotan Ambo Dalle

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Jumat , 12 Mei 2017 10:09
Obama Kantongi SK Pencopotan Ambo Dalle

int

MAKASSAR, RakyatSulsel.com – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 mendatang, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura justru melakukan pergantian pucuk pimpinan di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hanura Sulsel.

Mantan Legislator Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan, Ambol Dalle yang menjabat Ketua DPD Partai Hanura dilengserkan. Sebagai suksesor Ambo Dalle, DPP Hanura menunjuk Ketua Pembina Daerah Wilayah Sulawesi I (Meliputi Sulsel, Sulbar dan Sulteng) Hanura, Bahar Ngitung sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

Sekretaris Jendral (Sekjen) DPP Partai Hanura, Sarifuddin Sudding membenarkan, keputusan tersebut. Menurutnya, penggantian tersebut Ambo Dalle bukan tanpa alasan. Partai Hanura Sulsel, kata dia di bawah kendali Ambo Dalle kurang maksimal.

“Memang DPP sudah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pencopotan Ketua DPD Hanura Sulsel pak Ambo Dalle. Ini merupakan hasil kajian dari tim asesmen yang dibentuk DPP untuk menyikapi persoalan yang ada di Sulsel. Karena DPP menerima berbagai laporan baik itu menyangkut masalah kinerja,” ungkapnya, Kamis (11/5).

Sudding menambahkan, SK pencopotan Ambo Dalle telah diterima oleh Bahar Ngitung selaku Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD Hanura Sulsel. Dimana, SK tersebut juga nantinya akan diteruskan ke DPD Hanura Sulsel. “SK itu sudah diserahkan kepada Plt dan itu juga nanti akan dikirimkan ke DPD,” jelasnya.

Meski demikian, Sudding enggan membeberkan secara rinci pencopotan Ambo Dalle. “Kurang etislah kalau kami sampaikan,” jelasnya.

[NEXT-RASUL]

Pencopotan Ambo Dalle sebagai Ketua DPD Hanura Sulsel mendapat reaksi keras dari sejumlah pengurus tingkat provinsi. Sekretaris DPD Hanura Sulsel, Waris Halid menilai pencopotan Ambo Dalle sebagai ketua hanya sebatas wacana tanpa ada bukti SK langsung dari DPP Hanura.

“Kita belum bisa bicara banyak, soalnya sampai sekarang kita belum lihat SK-nya seperti apa itu pergantiannya, kita belum tahu. Ini juga tidak ada pemberitahuan dari DPP, tidak ada informasi apa pun,” ungkapnya, Kamis (11/5).

Bahkan, Waris Halid mempertanyakan, apa yang menjadi dasar DPP Hanura mengganti Ambo Dalle. “Kita belum tahu apa dasar pergantiannya, tiba-tiba saja ada pergantian ketua. Kita tidak tahu dasarnya DPP apa,” jelas Waris Halid.

Menurut Waris, kinerja Ambo Dalle selama ini sudah cukup baik menakhodai Hanura di Sulsel. “Kalau itu tolak ukurnya apa. Kalau saya lihat pak ketua (Ambo Dalle) selama memimpin Hanura Sulsel bagus kok,” paparnya.

Waris menyebutkan, selama ini Ambo Dalle telah bekerja dengan baik. Dimana, terdapat sejumlah prestasi yang berhasil diraihnya sebagai Ketua Hanura di Sulsel.

Waris berharap, seharusnya sebelum ada pergantian ketua, terlebih dahulu harus ada informasi ke DPD Hanura Sulsel. “Ini agar terjalin komunikasi yang baik antara DPD dan DPP. Kalau persoalan penurunan kursi, memang ada penurunan, tapi ada juga yang naik. Mestinya DPP harus memanggil pak ketua langsung kalau persoalan kinerjanya. Apa yang menjadi kekurangan pak ketua, kalaupun dibilang kegagalan, dimana letak kegagalannya. Supaya bisa di tahu apa yang mendasari, karena selama ini kan kita juga harus tahu seperti apa kinerjanya,” jelas Waris Halid.

[NEXT-RASUL]

Bahkan, Waris Halid menegaskan, harusnya DPP memberikan surat rekomendasi terlebih dahulu ke Ambo Dalle sebagai Ketua Hanura Sulsel.

“Beliau (Ambo Dalle) juga belum menerima tembusan itu pergantian dirinya. Harusnya kan diberikan bahwa dia sudah diganti,” tegasnya.

Sementara Humas DPD Hanura Sulsel, Mutiara tidak menerima keputusan pencopotan Ambo Dalle sebagai Ketua DPD Hanura Sulsel. “Keliru kalau dikatakan Ambo Dalle kurang maksimal selama menjabat,” kata Mutiara.

Mutiara menegaskan, bahwa sampai saat ini Ambo Dalle masih jadi ketua. Ia menilai pencopotan tersebut hanya sepihak tanpa adanya SK pencopotan. “Selama belum ada SK, maka kami katakan bapak Ambo Dalle masih sebagai ketua DPD Hanura Sulsel,” pungkasnya.

Sebelumnya, Legislator DPRD Sulsel dari Fraksi Partai Hanura, Andi Takdir Hasyim menginformasikan pencopotan Ambo Dalle sebagai Ketua DPD Partai Hanura Sulsel membenarkan dan mengakui pencopotan itu.

“Pak Ambo Dalle bukan lagi ketua DPD Partai Hanura Sulsel. Penggantinya adalah Bahar Ngitung sebagai Plt Ketua Hanura Sulsel,” singkatnya. (E)


div>