KAMIS , 13 DESEMBER 2018

Objek Wisata Pongtorra Diduga Labrak UU Kawasan Hutan Lindung

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

Lukman

Minggu , 25 Maret 2018 12:30
Objek Wisata Pongtorra Diduga Labrak UU Kawasan Hutan Lindung

Pemandang Objek wisata Pongtorra, di Lembang Kapala Pitu kecamatan Kapala Pitu Kabupaten Toraja Utara.

TORAJA UTARA, RAKYATSULSEL.COM – Obyek Wisata Pongtorra Puncak tertinggi Lolai Kecamatan Kapala Pitu kabupaten Toraja Utara, diduga labrak undang-undang kawasan hutan lindung karena berada di lokasi kawasan hutan lindung.

Objek wisata Pongtorra terletak di gunung Lolai ini jarak 23 Km dari Kota Rantepao dan berada di ketinggian 5000 Feet Above Sea Level. Objek tersebut beroperasi setahun terakhir ini.

Plt KPH Saddang II Toraja Utara, Gazali yang dikonfirmasi via selulernya membenarkan bahwa Obyek Wisata Pongtorra masuk kawasan hutan lindung.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa Obyek Wisata Pongtorra masuk kawasan hutan lindung seluas 1 Ha.

“Di sana sudah sangat jelas ada papan tertulis kawasan hutan lindung, dan hal ini termasuk tindakan penyerobotan kawasan hutan lindung dan jelas dalam UU Nomor 41 pasal 99 tentang kehutanan,” kata dia.

Senanda dengan itu, Pasukan Satuan Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (SPORT), Sudirman mengatakan bahwa Obyek Wisata Pongtorra betul masuk kawasan Hutan Lindung (HL). Diakuinya bahwa pihaknya sudah melakukan peninjauan langsung ke lokasi Obyek tersebut. Dan sudah melakukan peneguran tetapi tidak dihiraukan.

Ditambahkan bahwa saat ini telah lakukan sidik dan sekarang di tingkatkan menjadi Lidik. Pihaknya dan juga sudah melaporkan ke pusat (Kementerian) dan masih menunggu jawaban dari sana untuk selanjutnya. (*)


div>