SELASA , 11 DESEMBER 2018

Obor Asian Games 2018 akan Diarak di Sulsel

Reporter:

Al Amin

Editor:

Lukman

Selasa , 24 Juli 2018 10:40
Obor Asian Games 2018 akan Diarak di Sulsel

Obor Asian Games 2018 akan tiba di Sabtu (28/7) mendatang.

MAKASSAR RAKYATSULSEL.COM – Pj Sekertaris Daerah Provinsi Sulsel (Sekprov) Tautoto Tana Ranggina, memimpin rapat penyambutan kurap Obor Asian Games yang rencananya tiba di Sulsel pada Sabtu (28/7) mendatang.

Tautoto mengatakan rapat yang diselenggarakan di ruang rapat pimpinan kantor gubernur, Senin (23/7) itu sebagai final cek kesiapan daerah.

“Kita menghndang kabupaten dan kota yang dilalui obor tersebut sekaligus yang menjadi tuan rumah,” ujar Tautoto.

Sebelum terbang ke palembang, Obor Asian Games 2018 rencananya akan singgah di Pantai Bira, bulukumba, dan Pantai Losari, Makassar, pada 28 hingga 30 Juli 2018 nanti. Kirab obor asian games, akan berlangsung meriah dengan penyambutan multi budaya etnis sulsel.

Sulawesi selatan ikut mengambil bagian dalam Pelaksanaan even olahraga tingkat asia, asian games 2018. dimana, sebelum tiba di palembang, Obor Asian Games 2018 rencananya akan singgah di Pantai Bira, Bulukumba, dan Pantai Losari Makassar, pada 28 hingga 30 Juli 2018.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Sri Endang Sukarsih menegaskan, Obor Asian Games akan tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, pada 28 Juli 2018. Selanjutnya akan langsung diarak menuju Tanjung Bira, Bulukumba.

“Arak-arakan rencananya berlangsung meriah dengan berbagai model oleh setiap kabupaten yang dilaluinya,” ujarnya.

Selama perjalanan menuju Pantai Bira, nantinya obor dengan api abadi yang menyala diatasnya itu akan ada penyambutan meriah di setiap daerah. Daerah yang akan dilewati adalah Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Bulukumba.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantaeng Syahrul, mengatakan, khusus di Kabupaten Bantaeng, pihaknya telah menyiapkan 20 personil musik tradusional tanjidor untuk menjemput arak-arakan obor tersebut.

“Kita siapkan tanjidor di sana, meski tidak singgah di Bantaeng namun tetap kami kawal dari perbatasan Jeneponto sampai perbatasan Bulukumba,” ujar Syahrul.

Selanjutnya, pada 29 juli obor akan menuju Makassar melalui jalur laut, dengan menggunakan Kapal Phinisi dan tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta. Obor asian games kemudian akan disimpan di rujab gubernur sulsel, dan akan terbang menuju banjarmasin pada 30 juli 2018.

Arak- arakan obor asian games di Makassar akan berlangsung berbeda dengan daerah lainnya. Pasalnya, api obor yang diambil dari New Delhi, India dan dicampur dengan api abadi dari Sragen Jawa Tengah itu akan diarak menggunakan kapal legendaris milik TNI Angkatan Laut, KRI Dearuci di perairan Makassar dari pelabuhan suta ke pantai losari. (*)


div>