RABU , 13 DESEMBER 2017

ODHA di Makassar Capai 9.647 Orang

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 21 Oktober 2017 15:45
ODHA di Makassar Capai 9.647 Orang

Wakil Walikota Makassar Syamsu Rizal (Deng Ical). ist

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Jumlah Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di Kota Makassar terbilang cukup tinggi. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, jumlahnya mencapai 9.647 orang.

Wakil Wali Kota Makassar, Dr Syamsu Rizal, mengatakan, dari data yang ada ditemukan bahwa jalur utama penularan HIV/AIDS melalui transmisi seksual. Epidemi HIV telah ada di Indonesia sejak 20 tahun lalu, dan berbagai upaya penanggulangannya telah dilakukan. Termasuk dengan menjamin alokasi anggaran penanggulangan, mengoptimalkan fungsi pelayanan kesehatan, pemberdayaan masyarakat dan edukasi.

“Kita semua ada disini karena komitmen kita menyelamatkan banyak orang. Kita harus lebih berusaha mencegah lebih banyak orang tertular HIV,” ujar Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Makassar ini, saat memimpin rapat koordinasi lintas sektor yang diselenggarakan di Hotel Jolin, Jumat (20/10) kemarin.

Ia mengungkapkan, untuk mencegah meningkatnya penularan HIV/AIDS, sangat membutuhkan kesadaran dari setiap individu. “Hidup sehat, setia sama pasangan, hindari perselingkuhan. Karena jalur utama penularan HIV ini adalah melalui transmisi seksual,” ungkapnya.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar ini menambahkan, peran media sangat penting dalam membantu penyebaran informasi terkait pencegahan penyakit HIV/AIDS.

“Semua pihak termasuk media harus bekerja keras dalam mengendalikan penyakit HIV/AIDS, agar lima sampai sepuluh tahun kedepan angka penderita HIV/AIDS dapat berkurang,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Makassar, dr Hadarati Razak, mengungkapkan, dari ribuan penderita tidak semuanya masih bertahan hingga saat ini. Sebagian diantaranya sudah ada yang meninggal dunia. Hanya saja, datanya belum terupdate dengan baik karena sebagian sudah hilang komunikasi.


div>