KAMIS , 22 NOVEMBER 2018

OJK Dorong Inklusi Keuangan Melalui Ekspo Literasi

Reporter:

Nhera

Editor:

Iskanto

Jumat , 19 Oktober 2018 19:15
OJK Dorong Inklusi Keuangan Melalui Ekspo Literasi

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 6 Sulawesi, Maluku, dan Papua bekerjasama dengan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (FKIJK Sulselbar), serta Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sulsel.

Kerjasama itu untuk terus mendorong indeks inklusi dan literasi keuangan di wilayah Sulsel. Satu diantara langkahnya yakni dengan digelarnya ‘Ekspo Literasi dan Inklusi Keuangan’ dengan tema Sinergi Mendorong Percepatan Inklusi Keuangan, di Anjungan Pantai Losari Sabtu, (20/10) besok hingga Minggu (21/10). Acara tersebut akan dihadiri oleh Gubernur Sulsel, Walikota/Bupati di Sulsel,  serta seluruh pimpinan lembaga jasa keuangan.

Kepala kantor OJK Regional 6 Sulawesi, Zulmi mengatakan, Ekspo tersebut merupakan puncak kegiatan di Bulan Inklusi Keuangan Oktober 2018. Melibatkan seluruh lembaga jasa keuangan di Sulsel, baik perbankan, pasar modal, maupun IKNB. Termasuk perusahaan fintech dan UMKM binaan perbankan yang akan memaparkan produk unggulan masing-masing.

“Harapannya lewat kegiatan ini masyarakat kita semakin meningkatkan pemahaman mereka tentang bagaimana mengelola keuangan, dan jika mereka ingin berinvestasi mereka sudah paham ke mana bisa berinvestasi, dan kalau mereka kita ingin mendapatkan akses permodalan, kita kenalkan  ke lembaga-lembaga yang formal yang bisa digunakan untuk akses permodalan. Makanya kita menghadirkan perusahaan fintech supaya masyarakat kenal,” ungkapnya, Jumat (19/10).

Dikegiatan tersebut juga, lanjut Zulmi, masyakarat bisa meningkatkan literasi dan OJK akan menjembatani mereka untuk bagaimana cara melaksanakan kegiatan usaha dan memasarkan produk mereka.
“Kita harapkan di 2019 nanti ada peningkatan 35 persen literasi, dan inklusi bisa meningkat hingga 75 persen. Tentunya butuh kerja keras dan bersama dari pelaku industri keuangan untuk mencapai target tersebut,” tambahnya.

Kegiatan utama Ekspo Literasi dan Inklusi Keuangan meliputi pameran produk keuangan yang diikuti oleh Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, Kanwil Ditjen Perbendaharaan, dan seluruh Lembaga Jasa Keuangan di Sulsel.
“Akan ada Kampanye capaian program inklusi keuangan, Penyerahan penghargaan tokoh inklusi keuangan, Aksi Corporate Social Responsibility (CSR) Industri Jasa Keuangan,Launching Majalah FKIJK Sulselbar, enam bersama, sertaaneka lomba dan hiburan,” tutupnya. (*)


div>