MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

Oknum Honorer Disdukcapil Parepare Terjaring OTT Saber Pungli

Reporter:

Editor:

dedi

Kamis , 09 Maret 2017 18:22
Oknum Honorer Disdukcapil Parepare Terjaring OTT Saber Pungli

ILUSTRASI

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Salah seorang oknum honorer dalam lingkup Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Parepare, Kota Parepare, Agusdam Dg. Mallawa  (29), tertangkap setelah terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Tim Sapu Bersih (Saber) Pungli Parepare, karena diduga melakukan tindak pidana pungutan liar (pungli).

Berdasarkan hasil laporan Polisi, Agus yang merupakan oknum honorer operator cetak Kartu Keluarga (KK) tersebut, diduga melakukan pungli dalam penerbitan Akta Kelahiran di Disdukcapil Parepare, sebesar Rp10 ribu.

Atas perbuatannya tersebut, melanggar Pasal 12 huruf e Undang-undang Nomor 20 Tahun Tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi, dan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 423 juncto Pasal 425, dengan ancaman hukuman maksimal penjara seumur hidup, dan pidana denda maksimal Rp1 milliar.

Terkait hal tersebut, Ketua Tim Saber Pungli Kota Parepare, Kompol Syawal Yusuf, mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan pemeriksaan terhadap pelaku. “Besok kami akan rilis,” katanya, Kamis (09/03).

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Disdukcapil Parepare, mengungkapkan, setelah memperoleh informasi tersebut, pihaknya mengambil langkah tegas dengan melakukan penonaktifan terhadap pelaku, dan semua jaringan yang mungkin dengan pelaku.

“Kami juga akan membuka layanan pengaduan masyarakat, yg langsung pada nomor telepon saya. Hal itu, untuk memberikan ruang bagi masyarakat, serta memberikan akses luas dalam memberikan pelaporan atas dugaan pungli, yang kemungkinan berpotensi terjadi,” tandasnya.


div>