KAMIS , 18 OKTOBER 2018

Open House SYL Dihadiri Raja dari Malaysia

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 01 September 2017 21:43
Open House SYL Dihadiri Raja dari Malaysia

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menggelar open house di rumah jabatan, Jalan Sungai Tangka, usai melaksanakan salat Idul Adha di Gowa, Jumat (1/9).

Pada open house Idul Adha kali ini, SYL kedatangan tamu istimewa, tamu kehormatan yang merupakan keturunan langsung Sultan Hasanuddin.

Tamu spesial itu adalah Datuk Yang Tertinggi Teramat Mulia (DYTTM) Tuanku Raja Anzhar Shah Al Sakti Ibni atau disebut Raja Karameng Sakti dan Datuk Yang Tertinggi Teramat Mulia (DYTTM) Tuanku Raja Wahab Shah Al Sakti.

SYL sebelumnya melaksanakan salat Idul Adha bersama Raja Karameng Sakti di Lapangan Syekh Yusuf Kabupaten Gowa bersama Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

Sekitar pukul 10.30 Wita, rombongan raja kesultanan memasuki pelataran rumah jabatan gubernur Sulsel. Kedatangan Tuanku Karameng Sakti disambut langsung oleh SYL beserta istri, Ayunsri Harahap.

SYL didampingi Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menemani santap siang Sang Raja Kesultanan Hasanuddin beserta istri dan anak. Mereka dijamu dengan makanan khas Sulsel sembari dihibur lagu-lagu Melayu.

“Ini sebenarnya pertemuan tidak direncanakan. Saya melihat beliau di media waktu menginap di hotel. Sekarang saya bertemu dengan gubernur Sulsel, ternyata Allah menentukan,” katanya.

Dia juga menyanjung SYL sebagai gubernur yang ramah. Dia pun mengundang untuk bertandang ke Kerajaan Kelantan Malaysia.

Tujuan awal kedatangan rombongan berjumlah 15 orang tersebut untuk bersilaturahmi dan mencari leluhur keturunan dari Raja Gowa Sultan Hasanuddin.

“Tujuan Tuanku datang untuk menengok keturunan di seluruh nusantara dan menjalin silaturrahmi sesama keturunan,” ungkap Rizwan, anak kedua raja.

Keluarga raja ini menyatakan pertama kali berkunjung ke Makassar dimana sebelumnya ke Filipina, Thailand dan kemudian ke Aceh.

Sang raja menutup kunjungan dengan menyanyikan lagu melayu bersama gubernur Sulsel. SYL juga menyanjung dengan mengatakan bahwa raja ini bernyanyi dengan bagus.

“Dari semua Negara Bagian Kelantan, beliau Raja Agung Malaysia. Tapi, ternyata beliau menyanyi bagus sekali. Mewakili Sulsel, saya mengucapkan terima kasih dan berharap kita tidak ada jarak. Sebab dunia akan datang ada di tangan Asia Tenggara, ada di tangan Malaysia dan Indonesia,” tutup SYL. (*)


div>