KAMIS , 24 MEI 2018

Optimis kalahkan Persib, Gresik United bawa skuad lengkap

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Rabu , 03 Mei 2017 10:21
Optimis kalahkan Persib, Gresik United bawa skuad lengkap

BISA TAMPIL: Choi Hyun-yeon bisa diturunkan Gresik United saat menjamu Persib Bandung.

RAKYATSULSEL.COM –  Saat performa tengah anjlok menyusul dua kekalahan beruntun, Gresik United (GU) justru kedatangan lawan berat: Persib Bandung. Tim bertabur bintang itu mulai menemukan bentuk permainan terbaik saat mengalahkan Sriwijaya FC pada laga terakhir.

Tetapi, pelatih GU Hanafi yakin tim asuhannya bakal tampil beda di Stadion Petrokimia, Gresik, Rabu ini (3/5). Sebab, mereka akan bermain dengan kekuatan lengkap. Dua pilar asing mereka, bek tengah Goran Gancev dan gelandang bertahan Choi Hyun-yeon, kembali bisa bermain setelah pulih dari cedera. Begitu juga bek sayap lincah I Gusti Rustiawan.

Gusti bakal kembali merumput setelah pulih dari cedera kaki kiri. Bersama Goran, M. Chairul Rifan, dan Jengki Arisandi, lini belakang GU mungkin bakal lebih solid ketimbang saat dihajar Semen Padang (21/4) dan Borneo FC (29/4). ’’Anak-anak sudah jenuh kalah. Mereka ingin membuktikan diri bahwa kami bisa tampil lebih baik,’’ kata Hanafi.

Goran yang ditemui Jawa Pos setelah latihan Selasa (2/5) menyatakan siap tampil. Meskipun masih terlihat plester menempel di atas matanya. ’’Hanya sedikit takut duel kepala. Tapi, tenang saja (saya) sudah atasi itu. Saya juga siap bikin tim menang,’’ harapnya.

Persoalannya, kemenangan atas Sriwijaya jelas memperlihatkan bahwa pelatih Persib Djadjang Nurdjaman telah menemukan setelan tim yang pas. Kemenangan itu juga mengerek konfidensi Atep dkk setelah dalam dua laga sebelumnya hanya memetik hasil imbang.

Ada kemungkinan Carlton Cole dimainkan Djadjang sejak menit pertama. Tetapi, ancaman terbesar kepada pertahanan GU bisa jadi bakal datang dari sayap. Kecepatan Febri Hariyadi dan tajamnya Atep dalam tiga laga bakal memaksa pertahanan GU untuk bisa sejeli mungkin membagi konsentrasi.

Meski demikian, Djanur –sapaan Djadjang Nurdjaman– mewanti-wanti pasukannya agar tidak meremehkan lawan. Justru dua kekalahan beruntun dianggap Djanur bisa kian memotivasi para penggawa tuan rumah. ’’Mereka (Gresik United, Red) atau tim lain, kalau melawan Persib, pasti bermain luar biasa. Kami tak mau lengah,” katanya.

Apalagi, kali terakhir Maung Bandung –julukan Persib– berkunjung ke Stadion Petrokimia (27/6/2016) meraih hasil buruk. Takluk 1-2 oleh tuan rumah. ’’Saya tekankan ke anak-anak, jangan terpengaruh hasil itu. Tim ini beda dengan saat itu. Jadi, kita hadapi yang di depan sekarang,’’ katanya.

Jika ada pemain yang paling dia waspadai, itu adalah Patrick da Silva. Menurut dia, striker GU asal Brasil itu punya kemampuan yang pasti menyulitkan lini pertahanannya. ’’Kami sudah waspadai itu. Jadi, (semoga) pada pertandingan kali ini, Persib meraih tiga poin,’’ tutur pelatih 52 tahun itu.

Dua gol yang sudah dikoleksi GU hingga kini memang tercipta lebih karena keterampilan individu Patrick ketimbang lantaran kinerja tim. Jika Hanafi bisa memaksimalkan lengkapnya skuad menjadi satu kekuatan kolektif nan kompak seperti saat menghadapi Persipura di laga pertama, sangat mungkin tim asal Kota Pudak itu bakal mengejutkan Persib. Tetapi, kalau Patrick dibiarkan bekerja sendirian di depan, siap-siap saja GU menelan kekalahan ketiga. (rid/c4/ttg)


div>