MINGGU , 19 AGUSTUS 2018

Orang Tua Peserta Jamnas Harapkan Sekolah Berperan Aktif

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 28 April 2016 14:40
Orang Tua Peserta Jamnas Harapkan Sekolah Berperan Aktif

Para peserta Jamnas Pramuka Pinrang saat pelatihan Jambore yang mendapatkan pengarahan dab bimbingan dari pengurus Kwarcab Pramuka Pinrang di Gedung PKK Kecamatan Paleteang. (Foto: Busrah/RakyatSulsel)

PINRANG, RAKYATSULSEL.COM – Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Pinrang menggelar pertemuan dengan para orang tua siswa peserta Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka ke XI, di Gedung PKK Kecamatan Paleteang, Selasa (26/4) lalu. Dari pertemuan itu, terdapat beberapa hal yang berkembang sekaligus menjadi harapan bagi orang tua siswa itu.

Para orang tua siswa mengapresiasi kerja panitia yang telah melakukan seleksi yang ketat terhadap para calon peserta Jamnas Pinrang yang akan berlangsung di Cibubur, Agustus 2016 mendatang. Mereka menilai, hasil seleksi tersebut telah menjawab isu tentang anggapan bahwa seleksi hanya memilih peserta yang dekat dengan penentu kebijakan atau yang ada hubungan keluarga. Dari hasil seleksi tersebut, menurut mereka, ternyata isu yang berkembang itu terbantahkan.

Terkait biaya yang dibutuhkan peserta selama masa pelatihan sebelum diberangkatkan ke Jamnas XI di Cibubur, para orang tua siswa berharap, sebaiknya menjadi tanggungan pihak sekolah masing-masing peserta. Pasalnya, para orang tua siswa ini dibebankan untuk membiayai masing-masing putranya selama tenggang waktu pelatihan.

Menurut K Marina, salah satu orang tua peserta, sebaiknya pihak sekolah bisa membiayai siswanya dengan menyisihkan sebagian anggaran sekolah selama masa pelatihan itu. “Di sekolah kan ada anggaran untuk kegiatan ekstra kurikuler. Itu kan bisa disisihkan sebagian, Pak. Jadi, sebaiknya pihak sekolah memperhatikan hal ini. Apalagi menyangkut nama sekolah masing-masing dan nama Kabupaten Pinrang diajang kepramukaan se Asean itu,” harapnya.

Sekretaris Kwarcab Pramuka Pinrang, Baharman mengatakan, kehadiran para orang tua peserta Jamnas pada pertemuan ini dimaksudkan untuk memberikan penjelasan langsung dari Kwarcab terkait isu tentang munculnya nama-nama peserta saat seleksi sedang berlangsung.

Menurut Baharman, seleksi yang dilakukan panitia telah sesuai dengan harapan semua pihak, termasuk ketua Kwarcab Pramuka Pinrang, Darwis Bastama untuk tidak diintervensi oleh siapapun selama seleksi berlangsung.

“Pak ketua menginginkan tidak mengabaikan anak-anak yang berprestasi hanya karena kepentingan oknum yang ingin memaksakan kehendak demi meloloskan orangnya meski tidak memenuhi standar penilaian dan kriteria serta prosedur,” kata Baharman.

Hasil seleksi panitia yang ditunjuk menghasilkan calon perserta Jamnas sebanyak 40 orang terdiri 32 orang sebagai peserta inti dan 8 orang sebagai peninjau. 40 calon peserta tersebut masing-masing dari perwakilan Kecamatan Lembang sebanyak 3 orang, Batulappa (2), Patampanua (3), Cempa (3), Duampanua (4), Lanrisang (3), Mattiro Sompe (3), Mattiro Bulu (4), Suppa (3), Tiroang (2), Watang Sawitto (8), dan Paleteang (2).


div>