RABU , 12 DESEMBER 2018

Overpass Manahan Gunakan Teknologi Mortar Busa

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

pkl uim

Selasa , 31 Juli 2018 11:40
Overpass Manahan Gunakan Teknologi Mortar Busa

int

RAKYATSULSEL.COM – Proyek Overpass Manahan masih dalam pengerjaan. Pembangunannya menggunakan salah satu teknologi terbaru bernama mortar busa. Teknologi ini baru diterapkan di tiga proyek jalan. Di antaranya di Antapani, Bandung, dan di Solo.

Dibandingkan dengan teknologi sebelumnya yakni pengecoran dengan timbunan tanah, teknologi mortar busa lebih canggih. “Teknologi ini sesuai dengan rekomendasi dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan (Pusjatan), dan teknologi ini lebih ramah lingkungan,” terang bagian K3 PT Yasa Patria Perkasa, Aditiya Handoko kepada JawaPos.com, Selasa (31/7).

Selama ini pengecoran menggunakan timbunan tanah berpotensi mencemari lingkungan. Sedangkan dengan menggunakan mortar busa sesuai studi dari Pusjatan, tidak menyebabkan pencemaran lingkungan.

Meski begitu, lanjut Aditiya, secara teknis memang berbeda jika dibandingkan dengan beton. Karena menggunakan batu, sedangkan mortar busa atau foam hanya menggunakan mortar, semen, air dan dicampur dengan busa atau foam.

“Penimbunan diperkirakan berjalan lebih kurang dua minggu. Nanti dikejar dengan pemasangan corrugated. Akhir Agustus akan dilakukan erection girder,” ungkapnya.

Nantinya ada lima buah girder yang disambungkan antara tiang di Utara rel Manahan dan Selatan rel. “Untuk saat ini, pengerjaannya sudah mencapai 49 persen. Kalau totalnya nanti Oktober selesai. Dengan sisa dua bulan ini bisa dikejar dan selesai sesuai target,” ucapnya. (apl/JPC)


div>