RABU , 15 AGUSTUS 2018

PABBALU PABBURA

Reporter:

Editor:

Lukman

Minggu , 05 Agustus 2018 18:15
PABBALU PABBURA

M Saleh Mude

Pabbalu pabbura dulu di kampung termasuk jenis tontonan menarik dan gratis. Kendati masyarakat banyak ketipu karena obatnya yang katanya bisa mengobati 1001 penyakit, ketika dipakai, tidak ada efek positifnya. Makanya, ketika masyarakat melihat seseorang banyak bicara tidak ada bukti, ia dituding sebagai “pabbalu pabbura.”

Dulu pabbalu pabbura hadir di pasar rakyat dengan trik menjaring pembeli dengan membawa tim musik yang bisa menyanyi dangdut, lagu Rhoma Irama, Arafiq dkk atau bawa pemain kecapi atau biola, atau bawa binatang ular sawah atau monyet dan tim akrobat sihir.

Salah satu Pabbalu Pabbura yang kini sudah jarang terlihat.

Tim sihir ini sering ramai ditonton, orang diikat dan dimasukkan di papan terkunci, begitu disihir, bebas. Momen itu menjadi panen, jualan obatnya lancar dan laris manis. Tapi itu tadi, banyak jenis obat ramuannya tidak punya nilai mujarab. Nol. Kasian masyarakat ditipu.

Nasib pabbalu pabbura kini telah digeser oleh kemajuan zaman, hilang. Kios-kios seperti indomaret, alfamidi dkk telah menyediakan berbagai jenis obat dengan harga terjangkau. (*)


div>