RABU , 14 NOVEMBER 2018

Pajak Reklame Capai Rp12,4 Miliar

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Kamis , 19 April 2018 09:15
Pajak Reklame Capai Rp12,4 Miliar

ILUSTRASI

– Tertibkan Reklame Tidak Bayar Pajak

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar berhasil mencapai pendapatan pajak dari sektor reklame pada triwulan pertama 2018 sebesar Rp12,4 miliar. Itu artinya Bapenda mampu merealisasikan pajak reklame sekira 35 persen dari target pajak tahun 2018 Rp35 miliar.

Kepala Sub Bidang Reklame Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar, Adiyanto, mengatakan, pihaknya menarget retribusi pajak reklame tahun 2018 sebesar Rp35 miliar, dari jumlah itu untuk triwulan pertama sudah mencapai Rp12,4 miliar.

“Pajak reklame untuk triwulan pertama sudah mencapai Rp12,4 miliar. Jika dipresentasekan itu sudah berada di 35 persen dan pajak reklame ini sudah tergabung antara pajak reklame insedentil dan pajak reklame permanen,” jelasnya, Rabu (18/4) kemarin.

Adiyanto mengatakan, target pajak tersebut naik sekira Rp3 miliar dimana 2017 khusus bidang pajak reklame ditarget hanya Rp32 miliar.

“Tahun 2017 lalu per 31 Desember pajak reklame melampaui target, yakni sebesar Rp32 miliar,” bebernya.

Adyanto mengakui, target pajak reklame tahun 2017 over target, dari target pajak reklame sebesar Rp32 miliar menjadi Rp33 miliar.

“Tahun lalu target pajak reklame kita sebesar Rp32 miliar dan kami capai bahkan over target mencapai Rp33 miliar,” ucapnya.

Adiyanto menuturkan, agar pajak reklame dapat mencapai target untuk tahun 2018, pihaknya terus melakukan penertiban reklame yang tidak membayar pajak.

“Salah satu upaya kita dalam meningkatkan pajak reklame ini, yakni setiap hari kita melakukan penertiban reklame dan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin serta sangat berpengaruh dalam meningkatkan pajak reklame,” ujarnya.

“Jadi masyarakat perlu dan harus paham bahwa ketika memasang reklame itu lalu tidak membayar itu harus ditertibkan,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar, Irwan Adnan. Menurutnya, target untuk pajak reklame tahun 2018 sebesar Rp35 miliar.

“Target pajak reklame untuk tahun ini yakin kita capai walaupun masih banyak wajib pajak khususnya wajib reklame yang los. Hal tersebut terus diupayakan untuk dioptimalkan,” ucapnya.

Irwan mengatakan, terkait pajak reklame insedentil tidak dipermasalahkan bahkan pajak reklame insedentil pendapatannya jauh lebih baik dimana awalnya Bapenda mendapat pajak reklame insedentil hanya sekira Rp500 juta, kini pajak reklame insedentil sudah mencapai Rp1 miliar.

“Saya kira pajak insedentil memiliki loncatan yang bagus, karena awalnya Bapenda mendapat pajak reklame insedentil hanya sekira Rp500 juta kini pajak reklame insedentil sudah mencapai Rp1 miliar,” katanya. (*)


div>