RABU , 14 NOVEMBER 2018

Pakai Sistem CAT, Seleksi CPNS Kabupaten Jeneponto Dijamin Transparan

Reporter:

Jejeth Aprianto

Editor:

Iskanto

Selasa , 30 Oktober 2018 16:45
Pakai Sistem CAT, Seleksi CPNS Kabupaten Jeneponto Dijamin Transparan

Pj Sekda Jeneponto, Syafruddin Nurdin

JENEPONTO, RAKYATSULSEL.COM – Walau jadwalnya belum ditentukan, Tes Kompotensi Dasar (TKD) CPNS 2018 diberikan batas waktu kepada seluruh instansi sampai 17 November 2018 oleh BKN RI.

Di Kabupaten Jeneponto, telah melakukan pengesahan kartu tes mulai 27 sampai 31 Oktober 2018. Sebelumnya juga, terjadi perubahan jumlah peserta yang lolos seleksi admistrasi dari 5.014 menjadi 5.120.

Kejadian ini tentunya mengundang pertanyaan yang cukup besar. Pasalnya jumlah peserta yang ditambahkan sebanyak 106 orang yang tentunya bukanlah hal yang wajar.

Ketua Panitia Seleksi CPNS Kabupaten Jeneponto, dr. Syafruddin Nurdin penambahan itu sebagai upaya Kabupaten Jeneponto untuk membantu peserta. Kembali dilakukan komunikasi dengan BKN RI melalui persuratan agar dapat diverifikasi kembali kepada peserta yang berkasnya TMS.

” Sebagai upaya kita untuk membantu mereka (Peserta), kita kembali komunikasikan dengan BKN RI dengan melakukan persuratan untuk verifikasi kembali yang mereka dinyatakan TMS dan BKN pusat setuju untuk kita buka kembali aplikasi dan hasil verifikasi ulang ternyata ada 106 Peserta CPNS dinyatakan bersyarat dan mereka dibolehkan oleh BKN RI, ini bagian perjuangan kita kepada Peserta CPNS Jeneponto,” ungkapnya, Selasa (30/10).

Terkait dengan Tes TKD, ia menegaskan agar panitia seleksi tetap transparan dan menghindari paraktek titipan.

“Seleksi CPNS harus transparan, adil dan tanpa beban materi strateginya segala hal yg berhubungan proses seleksi harus diinformasikan pada semua peserta,” tegas dia.

Untuk peserta asal Instansi Kabupaten Jeneponto sendiri rencananya akan dites di Kantor Regional IV BKN Makassar. Dia mengungkapkan bahwa seleksi dengan sistem CAT tentunya akan lebih real dan akan terhindar dari praktik calo maupun joki.

“Di Jeneponto menggunakan seleksi dengan sistem CAT BKN hasilnya real time sehingga hasil ujian langsung diakses oleh peserta,” tutupnya.

Sementara itu, kepala BKPSDM Kabupaten Jeneponto, Arifin Nur sampai sekarang belum bisa dikonfirmasi. (*)


div>