JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Pameran Bilah Pusaka Hadirkan Seragam Kebesaran Andi Mappe

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Sabtu , 29 April 2017 17:19
Pameran Bilah Pusaka Hadirkan Seragam Kebesaran Andi Mappe

Andi Baso Erwin memperlihatkan seragam kebesaran Andi Mappe, yang akan dipajang di Pameran Bilah Pusaka di Bumi Siang Jilid II, 28-30 April 2017 di Tribun Lapangan Citramas Pangkep. foto: atho tola/rakyatsulsel.

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Sebagai bentuk pelestarian budaya Bugis Makassar, salah satu komunitas pecinta benda pusaka, yakni Komunitas Badik Celebes Kabupaten Pangkep, menggelar kegiatan bertajuk Pameran Bilah Pusaka di Bumi Siang Jilid II. Kegiatan ini berlangsung mulai Jumat (28/4) malam hingga Minggu (30/4) besok.

Menarik dari pameran ini selain menghadirkan 500 benda pusaka berupa senjata peninggalan dari sejumlah kerajaan di Sulsel, juga terdapat kostum perjuangan dan senjata peninggalan, pejuang kemerdekaan Indonesia dari penjajah Belanda, asal Kabupaten Pangkep, Kapten Harimau Indonesia, Andi Mappe.

Ketua Panitia Pameran Bilah Pusaka, Andi Baso Erwin, mengatakan, pihaknya sengaja menghadirkan pakaian kebesaran dari sosok yang bernama lengkap Andi Bangkung Mappesona tersebut, sebagai bentuk penghargaan dan juga mengingatkan kembali akan. Jasanya, sekaligus mengingatkan kepada muda mudi untuk ikut melestarikan budaya dan adat bugis makassar.

“Sengaja kita hadirkan, selain ini rumah Andi Mappe, juga untuk memberi pemahaman kepada anak muda sekarang untuk melestarikan budaya karena ini adalah ciri khas kita, yang tidak mungkin dapat dipisahkan”, tutur Baso.

Seragam kebesaran Andi Mappe ini, nantinya akan dipajang selama pameran berlangsung, tertata rapi di dalam lemari kaca berukuran satu meter kali 70 sentimeter, yang terdapat, diantaranya baju, sarung, destar, celana baroci, dan pistol yang digunakan Andi Mappe melawan penjajah pada tahun 1945 – 1949

Dalam pameran tersebut juga, nantinya diharapan dapat mengangkat kembali dan mensosialisasikan salah satu kerajaan yang besar di Pangkep, yakni Kerajaan Siang. (***)

 


div>