MINGGU , 20 JANUARI 2019

PAN Dapil Sulsel 1 Kesulitan Raih Kursi

Reporter:

Iskanto

Editor:

Rabu , 19 Desember 2018 10:00
PAN Dapil Sulsel 1 Kesulitan Raih Kursi

PAN (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Partai Amanat Nasional (PAN) bakal kesulitan meraih kursi untuk DPR RI di Dapil Sulsel 1.

Pakar Politik Unibos Makassar, Arif Wicaksono menilai jika partai berlambang matahari itu harus kerja ekstra untuk eraih setidaknya satu kursi. “Akan kesulitan tapi jika kerja keras maka bisa mendapat hasil.

Ia juga menyinggung hasil beberapa survei yang menempatkan PAN Sulsel pada posisi dibawa setelah partai lain. Termasuk Perindo.

Kendati demikian, Arief meyakini PAN masih punya struktur serta mesin partai untuk bekerja sampai ke akar rumput agar mencapai target parliamentary threshold (PT) di Parlemen 2019 mendatang.

“Memang menurut beberapa survei seperti itu. Tapi saya yakin PAN masih punya peluang yang sama dengan partai lain yang hasil surveinya lolos PT,” katanya.

Hasil maksimal akan diraih PAN bergantung pada strategi dan juga militansi calegnya. “Semua caleg PAN memiliki berpulang dan kemampuan dalam mengelola isu dan mendekati calon pemilihnya,” tuturnya.

Terpisah, Direktur Peneliti CRC, Anfi Wahyuddin berpendapat, peluang caleg PAN DPR RI Dapil Sulsel 1 tergantung pada kerja-kerja caleg pada tingkatan elektoral.

Ia menyebutkan jika di lapangan, para caleg bersosialisasi dengan baik dibantu mesin partai akan membuahkan hasil memuaskan. Apakah itu akan menambah jumlah kursi atau bisa jadi mempertahankan kursi yang ada pemilu sebelumnya. Jadi, menurut saya semua kembali ke kerja-kerja caleg di lapangan,” singkatnya. (yad)


div>