JUMAT , 22 JUNI 2018

Pangkas Alur Pelayanan, BPJS Kesehatan Permudah Peserta Saat Mudik

Reporter:

Editor:

Niar

Kamis , 15 Juni 2017 09:38
Pangkas Alur Pelayanan, BPJS Kesehatan Permudah Peserta Saat Mudik

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Afliana Latumakulita saat menjelaskan kebijakan dalam Konfrensi Pers di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Kamis, (15/6).

PAREPARE, RAKSUL.COM- Satu lagi wujud kepedulian dan perhatian yang ditunjukkan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Parepare kepada para peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS), yaitu dengan menerapkan kebijakan baru jelang lebaran Idul Fitri 2017 ini.

Para pemudik yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan Cabang Kota Parepare dapat menikmati layanan dengan prosedur yang mudah dan sederhana.

“Oleh karena itu, para pemudik dihimbau untuk membawa kartu JKN-KIS atau kartu BPJS Kesehatan, Askes, Jamkesmas untuk digunakan berobat saat mudik di luar wilayah,” ujar Afliana Latumakulita dalam Konfrensi Pers bertema “Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan” di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Kamis, (15/6).

Afliana menguraikan, penyederhanaan prosedur pelayananan kesehatan yang diberikan ketika berobat saat mudik di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya kata dia, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Afliana juga menjelaskan, penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan berlaku sejak 19 Juni hingga 2 Juli mendatang. Kebijakan tersebut, lanjut Afliana mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

“Penting diketahui, pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang sedang mudik dan kepesertaannya masih aktif. Oleh karena itu, para peserta dihimbau untuk memastikan telah membayar iuran, tidak menunggak, dan mengecek status keaktifannya, baik datang ke kantor BPJS Kesehatan, atau melalui aplikasi mobile dan care centre BPJS Kesehatan 1500400,” jelasnya.


Tag
div>