RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Pangkep Buka Peluang Swasta Kelola Wisata

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 03 April 2017 12:14
Pangkep Buka Peluang Swasta Kelola Wisata

Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana dan Plt Kadis Pariwisata Pangkep Ahmad Djamaan berkomitmen membuka peluang untuk swasta kelola sejumlah destinasi wisata. foto: atho tola/rakyatsulsel.

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep, melalui Dinas Pariwisata membuka peluang selebar-lebarnya bagi seluruh investor yang tertarik untuk mengelola potensi wisata yang ada di Kabupaten Pangkep

Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana, yang ditemui, Senin (3/4), menegaskan, akan membuka pintu untuk mempihak ketigakan seluruh destinasi wisata di pangkep untuk di kelola pihak swasta, baik itu wisata bahari, maupun wisata alam lainnya, termasuk Pulau Camba-cambang yang saat ini sedang ramai dibicarakan.

“Kita buka peluang bagi swasta, untuk mengelola kekayaan wisata Pangkep, termasuk Camba-cambang”, tutur Syahban.

Syahban menambahkan, meski membuka peluang lebar, namun pihaknya tetap mengajukan syarat dalam pengelolaan objek wisata tersebut ke depanya. “Tapi kita tidak mau mereka (swasta) hanya menikmati untung, tapi mereka yang ingin, selain punya rekor baik dalam pengelolaan objek, mereka wajib profesional, termasuk memiliki modal besar untuk lebih meningkatkan kwalitas wisata kita”, tambah mantan Kepala Bappeda Pangkep tersebut.

Di tempat terpisah, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Pangkep, Ahmad Djamaan, mengaku, bersyukur dengan langkah yang diambil untuk menswastakan objek wisata di Pangkep, ini lantaran, selain lebih ke peningkatan mutu, objek wisata Pangkep diyakini kedepan akan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi daerah.

“Wisata Pangkep saat ini menjadi incaran, bajak investor yang ingin mendanai, apalagi Bupati dan Wakil Bupati sudah mendukung, ini sebuah kesyukuran,” singkat pria yang fasih berbahasa Jerman tersebut.

Terbukanya peluang pendanaan tersebut, juga diungkapkan Ahmad sebagai hasil dari sosialisasi dan promosi Dinas Pariwisata di ajang Deep & Extreme Indonesia yang berlangsung di Jakarta kemarin, bahkan diakui wisata pangkep banyak diminati mereka yang berasal dari Australia, Jerman, dan Austria, termasuk investor dari negeri tirai bambu.

Diketahui, saat ini Pangkep memiliki Pulau Camba-cambang dan Pulau Samatellu yang layak dipihakketigakan, tidak terkecuali Kawasan Wisata Mattampa. (***)


div>