RABU , 21 NOVEMBER 2018

Pangkep Kembangkan Sistem Panen Tiga Kali setahun

Reporter:

Atho Tola

Editor:

Iskanto

Senin , 05 November 2018 14:24
Pangkep Kembangkan Sistem Panen Tiga Kali setahun

Bupati Pangkep Syamsuddin Hamid yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Rismayani Syamsuddin melakukan panen raya IP (Indeks Pertanaman) 300, di Desa Panaikang, Kecamatan Minasatene, Senin (5/11).

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep tengah mengembangkan sistem panen padi sebanyak tiga kali setahun. Hal tersebut merupakan program khusus yang diharap mampu direalisasikan di seluruh kecamatan darataran dan pegunungan di kabupaten Pangkep.

Itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep, Hj. Sriwati Masri, yang ditemui di sela panen raya IP (Indeks Pertanaman) 300, di Desa Panaikang, Kecamatan Minasatene, Senin (5/11).”Khusus di Panaikang, kita jadikan area percontohan untuk program tiga kali panen dalam setahun, di sini ada 150 ha lahan, dengan produksi mencapai 7,7 ton per ha,” ujar Sriwati.

Di lain sisi, Bupati Pangkep, Syamsuddin Hamid, mengatakan saat ini pihaknya akan terus membantu petani. Khusus untuk Desa Panaikang, pemda menggelontorkan anggaran sebesar Rp.500 Juta untuk pembuatan sumur bor dan irigasi.

“Kita bantu petani, saya kira kita siapkan ratusan juta untuk membangun pelbagai fasilitas untuk bidang pertanian, seperti irigasi, dan sumur bor guna menunjang pola tanam musim gaduh di musim kemarau,” pungkas Bupati dua periode tersebut saat ditemui usai melakukan Panen IP 300.

Tidak hanya itu, Syamsuddin yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK, Rismayani Syamsuddin, turut membantu pendanaan untuk rehabilitasi empat bangunan mesjid di Desa Panaikang yang masing-masing sebesar Rp.50 juta dan Rp.100 juta.


div>