SELASA , 23 OKTOBER 2018

Pangkep Kontribusi 2,7 Persen Padi di Sulsel

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 16 September 2015 16:01

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo menghadiri Closing Ceremony Panen Padi untuk musim tanam Gadu 2015di Desa Baring Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkep, Rabu (16/9).

Gubernur didampingi Ketua DPRD Sulsel, Penjabat Bupati Pangkep, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Pangkep, hadir dalam Operasi Khusus Pajale.

Dalam kesempatan itu, Penjabat Bupati Pangkep Ruslan Abu mengatakan, total luas lahan yang ada di 9 kecamatan di Pangkep mencapai 16.682 hektar dengan 11.030 hektar di antaranya ditanami padi. “Fenomena el nino mengancam 3.379 hektar lahan,” kata Ruslan.

Namun dengan bantuan pemerintah seperti irigasi dan bantuan mesin pompa misalnya, telah berhasil menyelamatkan 13 persen tanaman padi yang mengalami kekeringan di atas lahan seluas 1.499 hektar.

Menurut Ruslan, Pangkep telah memberikan kontribusi sebanyak 2,7 persen produksi padi di Sulsel dari target 2,5 juta ton pada 2015.

“Angka kontribusinya kecil, tetapi 2,7 persen atau seluas 10.276 hektar sawah sudah sangat besar bagi Kabupaten Pangkep. Untuk menilai kualitas, kami persilakan bapak-bapak untuk membawa pulang sampelnya ke Makassar,” ujar Ruslan.

Dalam sambutannya, Gubernur Syahrul mengingatkan kepada masyarakat agar kekeringan diupayakan tidak mengganggu hasil panen di Sulsel. Menurutnya, di Sulsel hanya 16.000 hektar lahan yang mengalami kekeringan. “Yang tidak kering masih ada seluas 27.000 hektar. Kalau di kasi bibit yang baik, hasilnya bisa dua kali lipat dari sekarang,” ujarnya.

Dikatkan pula bahwa panen raya di Sulsel saat ini telah menggetarkan Indonesia. Syahrul mengaku telah dihubungi Menteri Pertanian. “Saya di telepon oleh Pak Menteri. Beliau katakan, Pak Syahrul ini hebat bisa panen terus di saat daerah lain tidak bisa,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kata dia, panas seperti ini bukan waktunya masyarakat mengeluh. “Ada hikmah yang baik. Memutus rantai hama. Kita kan jadinya memperbaiki bendungan Tabo-tabo dan Padaelo, serta memperbaiki irigasi,” katanya.


Tag
  • beras sulsel
  •  
    div>