SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

Pansus RUU Pemilu Sisakan Lima Isu Krusial

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Sabtu , 03 Juni 2017 21:13

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM –Panitia Khusus DPR RI (Pansus) RUU Penyelenggaraan Pemilu atau RUU Pemilu menyisakan lima isu krusial dari 19 masalah yang sudah dibahas.

Lima isu krusial yang belum diputuskan itu adalah ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold), ambang batas parlemen (parliamentary threshold), metode konversi suara, sistem pemilu dan alokasi kursi per dapil.

Demikian dikatakan Anggota Pansus RUU Pemilu, Achmad Baidowi, dalam diskusi “Merancang Pemilu Plus+Plus” di Menteng, Jakarta, Sabtu pagi (3/6).

Lima isu krusial ini merupakan inti dari RUU Pemilu sehingga harus membutuhkan pendekatan politik terhadap seluruh fraksi yang ada di DPR sebelum ada keputusan.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan penyelesaiannya melibatkan lobi-lobi dengan struktur petinggi partai-partai di DPR.

Meski demikian, Pansus telah menargetkan pengambilan keputusan terhadap lima isu krusial tersebut bisa dilakukan pada Kamis pekan depan (8/6).

Sikap fraksi-fraksi di Pansus telah terlihat, misalnya dalam hal alokasi kursi per Dapil, yang tinggal menyisakan dua opsi yaitu 3-8 atau 3-10 per Dapil.

“Jadi minggu depan, paling telat Kamis, ada keputusan di level pansus. Baru setelahnya dibawa ke paripurna,” kata Achmad. [ald]


Tag
div>