SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

Pantai Koa-koa, Pilihan Wisata di Pasangkayu

Reporter:

Sudirman

Editor:

Iskanto

Minggu , 09 September 2018 18:45
Pantai Koa-koa, Pilihan Wisata di Pasangkayu

int

SULBAR, RAKYATSULSEL.COM – Menikmati pemandangan di alam terbuka dengan hamparan pasir putih sepanjang kurang lebih lima kilometer dipantai koa – koa, Desa Polewali, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Provinsi Sulawesi Barat akan sangat seru. Dikala hari libur, mengajak keluarga ke pantai koa – koa sambil menonton balapan sapi sembari menikmati masakan tradisional khas Sulawesi.

Berada diujung utara Sulawesi Barat yang berbatasan langsung dengan wilayah sulawesi tengah. Kabupaten Pasangkayu yang dikenal dengan tegline vovasanggayu, menyimpan berbagai potensi wisata. Salah satunya adalah wisata bahari dipantai koa – koa dengan bentangan pasir putih.

Lokasi yang strategis dengan jarak tempuh sekitar 20 menit dari ibu kota kabupaten pasangkayu, mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah dan sejuk dibawah rimbunnya pepohonan yang masih asri karena dijaga kelestariannya oleh warga sekitar. Tak hanya itu, tempat ini juga memiliki beberapa bangunan gasebo yang cantik untuk tempat beristirahat dengan keluarga saat berlibur ketempat ini.

Ditempat ini pengunjung juga bisa mengabadikan momen indah dengan sejumlah spot foto yang bagus dan tak kalah bersaing dengan pemandangan yang ada dipulau bali. selain itu, pantai ini juga mempunyai terumbu karang yang belum terjamah. Jadi bagi wisatawan yang hobi dengan menyelam dan melihat keindahan dibawah laut pantai koa – koa, tak ada salahnya mendatangi tempat ini untuk menyelam karena air ditempat ini juga sangat jernih.

Yang paling seru ditempat ini ada balapan gerobak sapi yang digelar oleh warga dan pemerintah. Sehingga pengunjung yang datang ketempat ini bisa dengan leluasa mengabadikan momen ini. Bahkan ditempat ini, beberapa masakan tradisional khas sulawesi juga dijajakan disejumlah lapak pedagang yang tak kalah enaknya dengan masakan direstoran, dan bahkan membuat anda yang berkunjung ketempat ini bakalan ketagihan. Harga makananyapun sangat terjangkau.

Agus Ambo Djiwa Bupati Pasangkayu yang juga mengambil waktu libur ditempat ini mengatakan, Bentangan pantai dengan hamparan pasir putih sekitar lima kilo meter menjadi salah satu andalan destinasi wisata bahari dipantai koa – koa. Apalagi pantai ini juga mempunyai terumbu karang. sehingga dengan adanya lomba gerobak sapi tradisional ini bisa menarik wisatawan lokal maupun manca negara bisa datang ke kabupaten pasangkayu. Terang Agus disila sela keasikannya menoton balapan gerobak sapi.

“Pantai koa – koa ini setiap hari libur dipadati hingga ribuan pengunjung, sehingga tempat ini dijadikan pemerintah daerah sebagai lokasi festival balapan gerobak sapi tradisonal untuk mengangkat kearifan lokal di kabupaten pasangkayu. selain balapan sapi, tempat ini juga menjadi lokasi lomba balapan perahu katinting bagi nelayan sehingga pantai ini tak pernah sepi pengunjung.” Kata Agus Ambo Djiwa. (*)


Tag
div>