SELASA , 16 OKTOBER 2018

Pantang Canggung

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Rabu , 07 Desember 2016 10:49
Pantang Canggung

int

HANOI – Satu kaki Timnas Indonesia telah menapaki babak final Piala AFF 2016. Sisanya tergantung hasil leg kedua, Rabu (7/12) malam nanti.

Setelah sebelumnya menjalani laga kandang di Stadion Pakansari (3/12) lalu, kini giliran Timnas Indonesia akan dijamu lawannya yakni Timnas Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi.

Vietnam yang sebelumnya menelan kekalahan dari Timnas Indonesia dalam Leg Pertama dengan skor 2-1 lalu, akan berusaha keras untuk membalik keadaan untuk menentukan nasib mereka selanjutnya yakni merebut tiket Final nanti.

Sementara bagi Timnas Indonesia, modal kemenangan 2-1 di leg pertama diharapkan mampu mendongkrak performa Boaz Solossa cs. Sebab margin satu gol jelas bukan posisi aman. Apalagi Timnas akan bermain di depan ribuan suporter Vietnam.

Sejatinya anak asuh Alfred Riedl minimal hanya butuh hasil imbang saja atau kalah dengan skor selisih 1 gol di atas 1-2 untuk bisa tampil di laga penentuan juara. Namun Vietnam yang memiliki tabungan satu gol tandang dan kini akan bermain di kandang sendiri , jelas tak bisa di remehkan begitu saja. Terlebih di pertemuan terakhir Timnas juga kalah 2-3 di kandang Vietnam.

Setelah mampu memetik hasil kemenangan di kandang sendiri, tentu patut di tunggu strategi apa yang akan di pakai Alfred Reidl di laga ini. Apakah akan kembali memainkan Manahati dan Hansamu setelah Yanto Basna dan Fachruddin sudah siap tampil lagi. Sementara di sektor lini depan, nampaknya trio Andik, Lilipaly dan Boaz terlalu riskan untuk di otak atik lagi.

Untuk memburu kemenangan di kandang Vietnam jelas memang bukan perkara mudah. Namun jika skuad Garuda kembali mampu bermain agresif seperti di laga sebelumnya serta mampu keluar dari tekanan pendukung tuan rumah, rasanya kemenangan bisa saja kembali di raih skuat Garuda di laga ini.

[NEXT-RASUL]

Arsitek Timnas Indonesia, Alfred Riedl mengungkap tak akan melakukan banyak perubahan dalam leg kedua semifinal Piala AFF 2016. Skuat Garuda memang tampil lumayan impresif di leg pertama lalu. Mereka juga hanya kebobolan lewat gol penalti.

Riedl merasa cukup puas dengan anak asuhnya. Meski diakuinya akan ada sedikit yang berganti di beberapa posisi. “Melawan Vietnam, kami akan tampil seperti saat leg pertama. Tak akan banyak perubahan dalam sistem permainan kami,” kata Riedl.

Akan tetapi, pelatih asal Austria ini sendiri tak hanya fokus dengan timnya. Dia akan mewaspadai pergerakan pemain Vietnam. Sebab, The Golden Stars, julukan Timnas Vietnam, bakal habis-habisan berusaha mengalahkan Indonesia di laga penentuan nanti.

“Tentunya, mereka bakal lebih tampil all-out. Semua pemain Vietnam berbahaya, terutama Le Cong Vinh,” pungkasnya.

Timnas Vietnam sendiri nampaknya akan merubahan susunan pemain mereka untuk laga besar tersebut. Bek senior mereka yakni Truong Dinh Luat bakalan tampil kembali memperkuat pertahanan dari Vietnam. Pemain berusia 33 tahun tersebut akan kembali bermain setelah dalam leg pertama tak bisa bergabung lantaran akumulasi kartu.

Sementara untuk pemain tengahnya, Timnas Vietnam yakni Nguyen Huu Thang diyakini tak akan merubah komposisi pemain tengahnya, dimana Luong Xuan Trong (21) dan juga Vu Van Thanh (19) akan menjadi duet andalan di lini tengah Vietnam. Sementara di ujung tombak, Timnas Vietnam masih mempercayakan pada Le Cong Vinh dan Nquyen Van Quyet nanti.

[NEXT-RASUL]

Pelatih Vietnam Nguyen Huu Thang menegaskan pemain-pemainnya dalam kondisi yang penuh tekanan karena kalah di leg pertama. Li leg kedua nanti, Huu Thang akan menjadi laga krusial yang menguji mental.

“Laga nanti akan sangat krusial bagi kami karena kami kalah. Ini ujian psikologis kami,” ujarnya.

Tampil di hadapan pendukung sendiri, di My Dinh National Stadium, Hanoi, Huu Thang menilai pemainnya bakal habis-habisan untuk lolos ke final. Mereka mengincar kemenangan tipis 1-0, tapi tidak berpikir untuk berakhir imbang.

“Kami akan mengupayakan segalanya untuk lolos. Hasil 1-0 memberikan kami peluang lolos,” imbuhnya.

Laga leg kedua semifinal malam nanti turut mengundang komentar para legislator. Wakil Ketua Komisi C, DPRD Kota Makassar Fasruddin Rusli misalnya. Ia berharap agar Indonesia tidak puas dengan kemenangannya di leg pertama kemarin.

Menurut dia, Indonesia harus menjaga stamina menjelang pertandingan serta lebih mengoptimalkan kemampuan bermain dan juga tetap solid. “Kita sama-sama berharap Indonesia bisa menang di laga kedua besok (hari ini), jadi Timnas harus menjaga staminnya serta dalam pertandingan nanti dapat melakukan kerja tim yang baik,” harap Acil–sapaan akrab Fasruddin Rusli, Selasa (6/12).

[NEXT-RASUL]

Acil memprediksi pertandingan Vietnam vs Indonesia akan berakhir imbang. “InsyaAllah Indonesia akan menahan imbang vietnam 2-2,” tambah Acil.

Sementara itu, Ketua Komisi D, DPRD Kota Makassar, Mudzakkir Ali Djamil mengatakan, Indonesia mampu untuk meraih kemenangan pada leg kedua nanti. Hal tersebut berdasarkan atas kemenangan Indonesia pada leg pertama. “Dengan modal kemenangan di leg pertama, Timnas akan mampu menggandakan kemenangan di kandang Vietnam,” ungkapnya.

Muda–sapaan akrab Mudzakkir Ali Djamil, memprediksi Indonesia akan menang tipis melawan Vietnam. “Dengan Soliditas, kerjasama dan semangat juang tinggi, saya yakin timnas akan menembus babak final AFF. 1- 0 untuk timnas,” terang Muda. (isk/C)


Tag
div>