SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Pantau Hari Terakhir UNBK di MTsN 1 Makassar, Ka. Kanwil Optimis Sukses

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 08 Mei 2017 18:35
Pantau Hari Terakhir UNBK di MTsN 1 Makassar, Ka. Kanwil Optimis Sukses

int

Makassar, RakyatSulsel.com – Dihari Terakhir pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2017 untuk Madrasah Tsanawiyah (Senin, 8 Mei 2017), Ka. Kanwil Kementerian Agama Propinsi Sulawesi Selatan menyempatkan waktunya untuk melakukan pemantauan, dan madrasah yang dikunjungi Beliau adalah Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Makassar (yang dulu dikenal dengan nama MTsN Model Makassar) yang berlokasi di Jl. AP. Pettarani Makassar.

Di salah satu Madrasah Tsanawiyah Unggulan di Sulsel ini, Ka. Kanwil yang ditemani oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah negeri 1 Makassar ibu Hj. Darmawati dan pengawas H. Asnawi dan sejumlah Guru ini, memasuki sejumlah kelas yang menjadi lokasi pelaksaan UNBK. Dari data yang diperoleh dari Kepala Madrasah, jumlah Ruangan yang digunakan untuk pelaksanaan UNBK di MTsN 1 Makassar sebanyak 6 Kelas yang diisi oleh 437 jumlah siswa peserta UNBK dari 3 (tiga) Madrasah yakni MTsN 1 Makassar, MTs Tahfidzul quran Al Imam Azhim dan MTs Radhiyatul Adawiyah Makassar.

Pelaksanaan UNBK ini sendiri sudah berlangsung sejak tanggal 2 Mei 2017 , dengan mengujikan 4 (empat) Mata Pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA yang dibagi dalam 3 sesi dengan durasi waktu mulai dari pukul 07.30 sampai 16.00 wita.

Menurut Ka. Kanwil, sampai detik ini menurut laporan dari teman teman yang melakukan Tugas pemantauan baik dari Kanwil Kemenag Kabupaten kota maupun dari Kanwil kemenag Sulsel sendiri, bahwa pelaksanaan UNBK maupun UNKP (Ujian Nasional Kertas Pensil) untuk tingkat MadrasahTsanawiyah se-Sulsel berlangsung lancar dan aman, meskipun masih terdapat beberapa gangguan khususnya masalah jaringan internet dan Listrik, akan tetapi secara keseluruhan tidak terlalu mengganggu jalannya pelaksanaan UN, semua masih bisa diatasi, ini tidak lepas dari kerja keras yang maksimal dari panitia, Pengawas utamanya Proktor dan Operator, Jelas kakanwil.

UN ini juga kata kakanwil menjadi evaluasi tahunan bagi seluruh perangkat pendidikan di semua tingkatan baik itu di Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah maupun Aliyah termasuk Pondok pesantren, sejauh mana kesuksesan dan kesinambungan antara proses dengan output pembelajaran yang diberikan selama ini kepada anak didiknya, jadi UN ini bukan hanya tes buat anak didik, tapi juga tes tersendiri bagi madrasah atau lembaga pendidikan yang menyelenggarakannya, tambahnya.

Selain itu, Ka. Kanwil juga mengungkapkan rasa optimisnya, kalau pelasanaan UN tahun ini khususnya lembaga pendidikan di bawah naungan Kanwil kementerian Agama Sulsel berlangsung sukses dan lancar, sekaligus menitipkan harapan besar semoga bisa menunjukkan hasil yang terbaik juga, karena hasil UN ini tidak hanya menjadi prestasi semata, tapi juga biasnya akan melahirkan prestise utamanya bagi Madrasah yang mampu menelorkan hasil UN yang terbaik pula, ini semacam Kampanye gtaris bagi masyarakat dan orang tua siswa untuk memasukkan dan mempercayakan anaknya menimba ilmu di Madrasah, dan selama ini Madrasah sudah menunjukkan prestasi itu, harapnya.

Wajar saja jika Kementerian Agama menyematkan tagline kepada Lembaga pendidikannya yaitu Madrasah Lebih Baik dan Lebih Baik Madrasah, Kata Ka. Kanwil Penuh Semangat. (wrd)


div>