SELASA , 12 DESEMBER 2017

Panwascam Luwu Gelar Raker Pengawasan Pilkada

Reporter:

Jepi

Editor:

Lukman

Jumat , 08 Desember 2017 18:24
Panwascam Luwu Gelar Raker Pengawasan Pilkada

Panwascam Kabupaten Luwu saat menggelar Rapat Kerja (Raker) pengawasan Pemilihan kepala Daerah 2018.

LUWU, RAKYATSULSEL.COM – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Luwu menggelar Rapat Kerja (Raker) pengawasan Pemilihan kepala Daerah 2018 selama dua hari di Hotel Mulia, Kota Palopo. Raker ditutup Ketua Panwaslu Kabupaten Luwu, Sam Abdi, SH, Jumat 8 Desember 2018.

Dalam raker tersebut hadir Ketua Bawaslu Provinsi Sulsel, Laode Arumahi sebagai pemateri. Dalam materinya, Laode menegaskan bagaimana panwas berupaya melakukan pencegahan sebelum terjadi pelanggaran.

Menurutnya, yang paling penting dari pengawasan tahapan adalah kegiatan adalah pencegahan. “Hal utama dari pengawasan tahapan adalah bagaimana kita melakukan pencegahan. Kita juga harus bisa menjelaskan aturan,” jelasnya.

Ia juga menekankan agar seluruh penyelenggara, utamanya Panwas dan jajarannya, untuk menjaga betul integritasnya sebagai penyelenggara.

“Meski tanpa prestasi luar biasa, yang penting kita sudah mampu menjaga integritas, maka itu sudah kita dianggap sudah sukses,” katanya.

Sementara Anggota Komisioner Panwaslu Divisi SDM dan Organisasi Abdul Latif Idris, S.Ag membawakan materi upaya mewujudkan pemilukada demokratis dan bermartabat.

Menurut Latif, tugas dan fungsi Panwas selaku pengawas terbagi yaitu pencegahan pelanggaran dan penindakan pelanggaran. Untuk mendapatkan penyelenggara pemilu yang netral dan profesional. (*)


div>