RABU , 17 OKTOBER 2018

Panwaslu Galesong Mampu Tekan Pelanggaran Money Politic di Pilgub

Reporter:

Supahrin

Editor:

Lukman

Kamis , 28 Juni 2018 18:36
Panwaslu Galesong Mampu Tekan Pelanggaran Money Politic di Pilgub

Panwaslu Kecamatan Galesong.

TAKALAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Rabu tanggal 27 Juni kemarin, terlaksana sesuai dengan tahapan yang berjalan secara efektif dan efisien di Kabupaten Takalar khususnya di Kecamatan Galesong yang dianggap rawan terjadinya pelanggaran Money Politic di Galesong.

Ketua Panwaslu Kecamatan Galesong Herman Sijaya, mengatakan ada beberapa strategi di Kecamatan Galesong termasuk sosialisasi bahaya money politic dan sanksi pidananya.

“Dari hasil yang kami lakukan dalam pemantauan pengawas pemilihan lapangan serta pengawas TPS, olehnya itu kami mampu meminimalisir pelanggaran-pelanggaran money politic, buktinya tidak ada riak-riak atau suara sumbang dari masyarakat terkait adanya tim pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel yang membangi-bagikan uang,” kata Herman, Kamis (28/6).

“Adapun indikasi adanya pelanggaran akan tetapi kami selaku Panwaslu kecamatan cepat tanggap dalam mengidentifikasi dugaan pelanggaran Pilkada, sehingga dapat dilakukan pencegahan dini selama tahapan kampanye berjalan,” ungkapnya.

Sementara Ketua Lanti’mi Community Israndi Djihad S.Sos mengapresiasi kinerja Panwaslu Kecamatan Galesong yang sesuai prosedur. Dirinya menilai kinerja Panwaslu Galesong sangat hebat karena terjun langsung di lapangan mengantisipasi money politic dan pelanggaran-pelanggaran lainnya.

“Bahkan begitu ada laporan dari masyarakat panwascam langsung bergerak dengan cepat dan Panwaslu Galesong memang sangat energik dan kompak mengawasi pelanggaran atau kecurangan yang akan terjadi, sehingga Alhamdulillah semua proses Pilgub 2018 berjalan aman, damai dan nyaman sesuai harapan kita semua,” ujarnya.

“Saya berharap Bawaslu RI wajib memberikan sertifikat penghargaan kepada Panwaslu Galesong atas kinerjanya yang sangat hebat dan saya berharap kinerja ini dipertahankan sampai Pileg dan Pilpres 2019 mendatang,” tegas Israndi. (*)


div>