SABTU , 18 AGUSTUS 2018

Panwaslu Sinjai Awasi Verifikasi Vertual Keanggotaan Partai

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 19 Desember 2017 15:33
Panwaslu Sinjai Awasi Verifikasi Vertual Keanggotaan Partai

logo panwaslu

SINJAI, RAKYATSULSEL.COM – Panitia Pengawas Pemilu Hari (Panwaslu) Kabupaten Sinjai melakukan pengawasan vertual keanggotaan partai. Kali ini Panwaslu melakukan pengawasan Keanggotaan Partai Perindo, di Desa Pattongko, Kecamatan Sinjai Tengah, Selasa (19/12).

Ketua Panwaslu Kabupaten Sinjai, Muh. Rusmin menyampaikan, tujuan pengawasan ini dilakukan untuk memastikan bahwa proses verifikasi faktual keanggotaan parpol berjalan sesuai derng ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Juga untuk memastikan bahwa data keanggotaan yang didaftarkan oleh parpol sudah sesuai dengan kenyataan di lapangan, agar tidak ada data fiktif,” ujarnya.

Menurutnya, proses verifikasi ini bagian dari tahapan jelang pemilu 2019, yang kegiatanya telah diawali kemarin dengan proses pendaftaran di KPU RI oleh pengurus DPP yang memiliki kewenangan melakukan pendaftaran.

“Dari rangkain proses itu sekarng sudah memasuki tahapan verifikasi faktual, setelah kemarin dinyatakan lolos verifikasi administrasi,” pungkasnya.

Rusmin menambahkan, dalam verifikasi tersebut jika ada data yang ditemukan fiktif maka kami dari Panwaslu meminta KPU untuk bersikap karena KPU sebagai penentu apakah memenuhi syarat.

“Tapi tentunya ada masa perbaikan, dan konsekuensinya jika tidak melakuka perbaikan bisa saja parpol tersebut dinyatakan tidak lolos pada saat penetapan, karena yang difaktualkan adalah partai baru, Dan jika warga mau menarik penyataan tidak masuk sebagai anggota parpol maka diminta menandatangani formulir BA. FK. KPU. Kab/Kota. Parpol,” Jelasnya. (*)


div>