KAMIS , 13 DESEMBER 2018

Parepare Disebut Cikal Bakal Penghasil Jagung Terbesar di Utara Sulsel

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

Niar

Jumat , 07 Desember 2018 14:26
Parepare Disebut Cikal Bakal Penghasil Jagung Terbesar di Utara Sulsel

int

PAREPARE, RAKSUL.COM – Untuk memperluas tanaman pangan khususnya tanaman jagung di Sulawesi Selatan, Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Bimtek Pemasaran dan Efektifitas Jagung Hibrida di Kota Parepare.

Bimtek yang digelar dari 6 hingga 7 Desember ini, mengundang peserta dari empat Kabupaten/Kota, yaitu Kabupaten Barru, Pinrang, Sidrap dan Kota Parepare yang berlangsung di Hotel Bukit Kenari, Jumat, (7/12/2018).

Kepala Seksi Jagung dan Serealia Dinas Ketahanan Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Selatan Ir H Suaib mengatakan, kegiatan ini dilakukan di Kota Parepare, karena melihat Kota Parepare yang merupakan cikal bakal penunjang penghasil jagung di daerah Utara Sulawesi Selatan.

“Ini merupakan sesuatu yang unik, karena Parepare hanya perkotaan yang mengandalkan sektor jasa dan niaga. Namun kita melihat strategi Kota Parepare mampu mengembangkan Produksi pertanian khususnya tanaman jagung,” jelas Suaib.

Suaib juga mengatakan, kegiatan ini dilakukan bagaimana mensinergikan dan memperluas tanaman jagung, terutama di empat daerah di Sulawesi Selatan, termasuk Kota Parepare sendiri.

“Bukan hanya masalah budidaya jagung, tetapi menyangkut masalah pemasaran, untuk bagaimana agar pendapatan masyarakat petani di Kota Habibie ini, terus meningkat,” ujarnya.

Sementara pemateri dari Universitas Muhammadiyah Rusmin Nuryadin mengapresiasi Pemkot Parepare yang ikut menerapkan kebijakan Nasional, terkait pengembangan varietas jagung hibrida.

“Pemerintah Kota Parepare saat ini telah memberikan saluran-saluran distribusi pemasaran untuk produktifitas tanaman pangan, saya kira itu hal yang luar biasa. Pemerintah sebagai katalisator dan fasilitator yang harus memberikan ruang pengembangan inovasi tanaman pangan dan Holtikultura di Kota parepare,” tandas Rusmin. (Yanty)


div>