SENIN , 16 JULI 2018

Parepare Peroleh Bantuan CCDP-IFAD 6,5 Miliar

Reporter:

Editor:

hur

Rabu , 03 Februari 2016 11:33

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Kota Parepare kembali memperoleh bantuan dana dari Community Coastal Development Project – Internasional Fund for Agricutural Development (CCDP-IFAD), organisasi bentukan PBB untuk pembangunan masyarakat pesisir dunia ketiga, sebesar Rp 6,5 miliar.

Bantuan ini rencananya akan dialokasikan untuk 12 kelurahan wilayah pesisir di Kota Parepare, yakni Kelurahan Lumpue, Sumpang Minangngae, Cappa Galung, Labukkang, Tiro Sompe, Kampung Pisang, Lakessi, Wattang Soreang, Wattang Bacukiki, Bukit Harapan dan Bumi Harapan.

Sebelumnya, pada tahun 2015, Parepare juga memperoleh bantuan CCDP sebesar Rp 5,2 miliar. Bantuan ini diberikan kepada sembilan kelurahan sebagaimana disebutkan di atas, minus Bukit Harapan, Wattang Bacukiki dan Bumi Harapan.

Kepala Dinas PKPK Kota Parepare, Hj. Damilah Husain, mengatakan, keberhasilan Pemkot Parepare mengelola bantuan CCDP IFAD tiga tahun terakhir, menjadi pertimbangan pihak CCDP yang berpusat di Kota Roma Italia meningkatkan jumlah bantuan kepada Parepare.

Ini disampaikan Damilah di sela-sela penyerahan bantuan empat perahu fiber kepada nelayan Parepare di Sungai Karajae, Selasa, 2 Februari. Bantuan ini juga berasal dari CCDP – IFAD yang dialokasikan ke Parepare melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Bantuan yang diberikan CCDP IFAD kepada Parepare kata Damilah, semua dalam bentuk peralatan. “Jadi, tidak ada bantuan tunai. Yang kita terima rata-rata dalam bentuk bantuan peralatan, seperti peralatan tangkap dan bantuan untuk kebutuhan nelayan lainnya,” katanya.

Acara penyerahan bantuan perahu fiber tersebut, dihadiri Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe, yang menyerahkan secara simbolis bantuan dimaksud kepada empat kelompok nelayan. Perahu ini rencananya akan digunakan para nelayan untuk membantu opeerasional kegiatan pemantauan sumber daya kelautan dan ekowisata.

Sebelumnya, pada tahun 2015 lalu, Kota Parepare ditetapkan sebagai percontohan Proyek Pembangunan Masyarakat Pesisir Coastal Community Developmen- Internasional Fund for Agricultural (CCDP IFAD), menyusul keberhasilan pelaksanaan program ini di Kota Parepare.

Program CCDP IFAD berhasil meningkatkan pendapatan masyarakat pesisir Parepare hingga 50 persen sebelum program dilaksanakan. Hal ini ditegaskan Charles F GreenWald, konsultan IFAD internasional asal Roma, saat bertemu Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe di Parepare September 2015.

Charles yang menemui Taufan di Kantor Wali Kota Parepare, sekaitan rencana kunjungan tim IFAD Roma Italia, mengatakan, berdasarkan pengamatan pihaknya, program IFAD Parepare terbukti mampu meningkatkan derajat kehidupan masyarakat pesisir Parepare

Program ini mampu mendorong peningkatan pendapatan nelayan, serta berhasil merubah pola hidup nelayan. Tak berlebihan kemudian, kata Charles, Parepare ditetapkan sebagai daerah terbaik pelaksanaan program ini.

CCD IFAD adalah program bantuan PBB untuk negara-negara ketiga yang ditujukan meningkatkan derajat kehidupan masyarakat pesisir. Program CCD IFAD Indonesia, khususnya IFAD Parepare cukup diapresiasi dunia internasional.


Tag
  • parepare
  •  
    div>