SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Parkir Online Gagal Total

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Rabu , 06 Juni 2018 09:45
Parkir Online Gagal Total

PROGRAM SMART PARKING. Ratusan motor terparkir di kawasan Panakukang, belum lama ini. Dok, RAKYATSULSEL

* Seluruh Alat Parkir Online Ditarik

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar dalam penataan perparkiran kelas dunia, dengan penerapan parkir yang berbasis teknologi (online) gagal total. Pasalnya dari 54 titik parkir online sebagai percontohan kini semua alat parkir online dikembalikan ke PD Parkir.

Direktur Operasional (Dirops) PD Parkir, Syafrullah mengakui bahwa penerapan parkir online gagal total dan semua alat berupa Hp merk Samsung J7 dan mesin pencetak struk ditarik dari jukir yang ada di Kecamatan Ujung Pandang.

“Sudah selesaimi (parkir online), selanjutnya kita cari alat yang bagus, alatnya (parkir online) tidak bagus,” ucap Syafrullah, Selasa (5/6) kemarin.

Ia mengatakan bahwa parkir yang baik tidak selamanya menggunakan aplikasi dan smartphone tapi pihaknya akan menggunakan pelataran sebagai pembatas parkir dan akan menggunakan mesin parkir elektronik.

“Inikan BPN sudah ajukan dan tinggal MoU-nya kita tunggu, kalau sudah kita pasang alatnya disana,” jelas Syafrullah.

Meski begitu, pihaknya akan mengembangkan mesin parkir elektronik disetiap perusahaan atau kantor-kantor SKPD, tapi hal itu jika penerapan berjalan baik di BPN sebagai tempat pertama penggunaan alat mesin parkir elektronik ini.

“Kita ini akan expansive (mengembangkan) tapi bukan mengambil alih dan apalagi kita juga bersaing bisnis dengan parkir swasta,” ucap Syafrullah.

Sementara itu, Humas PD Parkir, Sri Suhartini mengatakan, bahwa pihaknya menarik semua alat parkir online lantaran tidak ada perkembangan berarti.

“Untuk sementara kita kembali ke parkir konvensional, tapi tetap akan ada pengelolaan parkir secara online tapi dengan sistem lain,” singkat Sri.

Diketahui, Penerapan Parkir online oleh PD Parkir dimulai Oktober 2017 lalu dengan 54 titik parkir di Kecamatan Ujung Pandang. Memasuki Tahun 2018, Direktur Utama (Dirut) PD Parkir Makassar Raya, Irianto Ahmad berambisi menerapkan Parkir diseluruh Kecamatan di Kota Makassar dengan target 100 titik perbulan sepanjang tahun 2018.

Setiap Jukir Parkir Online ini diberikan Fasilitas Atau Alat untuk digunakan yakni HP Samsung J7 yang berharga Rp 3,5 Juta. Selain itu alat pencetak (Print) yang mengeluarkan struk alat bukti parkir online. (*)


div>