• Sabtu, 25 Oktober 2014
Iklan | Epaper | Redaksi | Citizen Report

Parpol Di Tator Usulkan Penambahan Dapil

KPU Akan Masukkan Dalam Agenda Pembahasan

Jumat , 28 September 2012 10:18
Total Pembaca : 345 Views

Baca juga

TANA TORAJA – Sejumlah partai politik di kabupaten Tana Toraja, mengusulkan agar Daerah Pemilihan (Dapil) dikabupaten Tana Toraja ditambah satu lagi. Usulan tersebut dikemukakan sejumlah parpol dalam sosialisasi peraturan KPU, tentang verifikasi partai politik peserta pemilu menyangkut tahapan pemilu DPR, DPRD Propinsi DPRD Kabupaten/Kota tahun 2014, Kamis (27/9) di Pantan Toraja Hotel.

Ketua DPC PDI Perjuangan Tana Toraja, Yohanis Lintin Paembongan, bahkan sudah mengusulkan agar dapil 4 (empat) yang meliputi 6 (Enam) kecamatan diantaranya kecamatan Bittuang, Masanda, Bonggakaradeng, Rano, Mappak dan Simbuang agar dibagi dua daerah pemilihan.

Hal ini menurutnya, karena menyangkut letak geografis yang cukup berjauhan, dan untuk menuju kecamatan yang satu kekecamatan yang lain dalam dapil tersebut harus melewati dapil lain.

“Luas dan jarak yang mengharuskan dapil tersebut harus dibagi, selain jumlah penduduk yang memungkinkan untuk dimekarkan menjadi dua daerah pemilihan,” ujar Yohanis.

Hal yang sama juga dikemukakan oleh Ketua DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) Tana Toraja Simon Tandibua yang mengusulkan agar daerah pemilihan (Dapil) pada pemilu legislatif 2009 lalu yang berjumlah 4 (empat) dapil agar ditambah menjadi lima dapil.

“Dengan melihat geografis dan topografi daerah ini maka dapil 4 sangat layak untuk dibagi menjadi dua dapil,” kata Simon.

Menanggapi usulan tersebut, Ketua KPU Tana Toraja, Luther Pong Re’kun, mengatakan bahwa melihat luas wilayah dan kondisi geografis kabupaten Tana Toraja, maka memungkinkan untuk menambah satu daerah pemilihan lagi. Bahkan ada aturan yang memperbolehkan untuk menambah daerah pemilihan di suatu kabupaten/kota.

“Peluang untuk menambah daerah pemilihan dikabupaten Tana Toraja sangat terbuka lebar, dan hal tersebut akan diagendakan oleh KPU Tana Toraja pada bulan februari 2013 mendatang dengan partai politik, sebelum dibahas ditingkat KPU Propinsi dan KPU Pusat,” pungkas Luther. (k12/dj/C)