RABU , 13 DESEMBER 2017

Parpol Gantung Mandat Cakada

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 03 Oktober 2017 10:24
Parpol Gantung Mandat Cakada

Doc. RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Mandat usungan calon kepala daerah (cakada) tak kunjung kelar. Ada pretensi, keputusan resmi parpol baru akan dikeluarkan menjelang tahapan pendaftaran pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, sekira Desember 2017.

Hingga Oktober, baru 12 calon kepala daerah yang dijamin aman mengantongi mandat parpol dengan akumulatif suara minimal 20 persen. Dari 12 pilkada, dua daerah yakni Bantaeng dan Luwu, belum memunculkan satupun kandidat cabup yang tergolong aman menggenapkan koalisi parpol pengusungnya.

Enam dari 12 cakada yang tergolong aman meraih parpol pengusung, umumnya adalah figur berstatus petahana. Antara lain Moh Ramdhan Pomanto (Makassar), Andi Fashar Padjalangi (Bone), Taufan Pawe (Parepare), Judas Amir (Palopo), Iksan Iskandar (Jeneponto), serta Muslimin Bando (Enrekang).

Nasib berbeda dialami kandidat cabup petahana Sinjai Sabirin Yahya dan Wabup Fajar Yanwar yang masih berupaya berburu tiket parpol.

Kejelasan koalisi dengan akumulatif suara memenuhi syarat pengusungan paslon di Pilkada Sinjai, justru memunculkan nama Takhyuddin Masse yang dipastikan berpasangan dengan Mizar Roem, serta kandidat cabup Andi Seto Gadysta Asapa. Wabup Sidrap Dollah Mando, juga bernasib sama.

Jika serius ingin maju di pilkada, Dollah wajib kerja ekstra karena dominan parpol peraih kursi legislatif di Sidrap telah menyatakan sikap mendukung Fatmawaty Rusdi.

Beragam alasan diungkap elite parpol menjawab ketidakpastian figur cakada jagoannya di pilkada. Beberapa parpol mengatakan masih menunggu kesimpulan survei,  namun ada pula yang belum bersikap karena strategi kepentingan internal parpolnya.


div>