MINGGU , 20 JANUARI 2019

Parpol Incar Kursi Pimpinan

Reporter:

Iskanto

Editor:

Suryadi Maswatu

Jumat , 30 November 2018 07:30
Parpol Incar Kursi Pimpinan

Caleg Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Target tinggi dipatok partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2019. Selain menaikkan jumlah perolehan suara, merebut kursi pimpinan legislatif juga menjadi incaran.

Ketua OKK Gerindra Sulsel, Darmawangsyah Muin menegaskan akan mengambil alih jabatan kursi pimpinan DPRD Sulsel yang kini “dikuasai” oleh Partai Golkar. “Kami siap menggeser Partai Golkar sebagai pimpinan legislatif pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang,” ujar Darmawansyah Muin.

Ia optimis partainya bisa mendapatkan kursi ketua DPRD Sulsel dengan alasan pengaruh Prabowo Subianto di Pilpres. “Target kami selain penambahan jumlah kursi, kami juga akan menempatkan kader sebagai ketua DPRD,” ucapnya.

Menurut Wawan–sapaan akrab Darmawangsyah Muin, target tersebut hanya bisa diraih jika seluruh caleg kerja keras. Ia berharap Pilpres yang diikuti oleh ketua umumnya (Prabowo Subianto) bisa melecut para caleg untuk meraih kemenangan.

“Kami optimis menjadi pemenang di Sulsel pada Pemilu nanti. Kenapa saya berkata demikian karena saya optimis Prabowo punya efek yang akan mempengaruhi elektabilitas Partai Gerindra,” jelas Wawan.

Selain target kursi Ketua DPRD Sulsel, Gerindra juga menargetkan kemenangan bagi Prabowo-Sandi di Sulsel. “Saya rasa infrastruktur Partai Gerindra sekarang ini sudah cukup memenangkan pertarungan di Sulsel,” jelas Ketua DPC Gerindra Gowa ini.

Juru Bicara Partai Gerindra Sulsel, Sawaluddin Arif mengatakan, efek Prabowo di Pilpres diyakini akan mendongkrak perolehan suara di Pemilu 2019.

Kendati demikian, lanjut dia, dengan kondisi tersebut, pihaknya menargetkan mendapat 18 kursi di DPRD Sulsel. “Target kita satu fraksi di kabupaten/kota. Sementara untuk ringkat provinsi kita target 18 kursi atau naik 40 persen,” singkatnya.

Demikian halnya dengan PPP Sulsel, Ketua DPW Sulsel, M Aras tak menapikan jika partainya juga menargetkan ada menaikkan perolehan jumlah kursi pada Pemilu 2019.

PPP, kata dia saat ini memiliki enam kursi di DPRD Sulsel. Maka Pemilu 2019 partai berlambang ka’bah itu menargetkan 11 kursi. “Kita target satu dapil bisa satu kursi, jadi ada total 11 kursi di DPRD Sulsel yang kita ingin capai di pemilu nanti,” singkatnya.

Wakil Ketua DPP PPP, Amir Uskara mengatakan, impian terbesar PPP pada Pemilu 2019 ini adalah mendapat kursi pimpinan di semua tingkatan. Akan tetapi DPRD Sulsel jadi prioritas.

“Insya Allah PPP akan meraih kursi pimpinan di DPRD Provinsi, yang kami lakukan sekarang ini bagaimana upaya yang harus kita lakukan,” ujar Amir Uskara.

Anggota Komisi XI DPR RI ini menjelaskan, strategi PPP Sulsel setiap pemilu adalah merebut kursi bukan suara. Kecuali secara nasional karena ada elektoral yang harus lalui. “Jadi kadang-kadang kami kalah suara tapi kami menang disisi kursinya,” ucapnya.

Ia optimis partainya bisa bersaing untuk merebut kursi Pimpinan di DPRD Sulsel dengan 3 partai lain yakni, Gerindra, Demokrat, dan NasDem. “Hitung-hitungan kami, Gerindra, Demokrat dan NasDem itu bersama-sama PPP akan menjadi pimpinan DPRD Sulsel,” jelasnya.

Amir Uskara bahkan tak memperhitungkan Partai Golkar. “Kami tak ingin terlalu dalam (soal partai Golkar) dapat atau tidak (unsur pimpinan) tapi kalau dari PPP yang kami hitung untuk meraih kursi pimpinan itu hanya 4 partai itu (Gerindra, Demokrat, NasDem dan PPP),” ungkapnya.

Ketua Bappilu DPD I Golkar Sulsel, Kadir Halid mengatakan Partai Golkar percaya diri akan mempertahankan posisi Ketua DPRD serta menambah perolehan jumlah kursi. “Target Golkar jumlah dan kursi bertambah. Yakni 29 kursi di DPRD Sulsel,” singkatnya. (*)


div>