SENIN , 20 NOVEMBER 2017

Parpol Melunak, Danny Melaju

Reporter:

Suryadi Maswatu - Iskanto

Editor:

asharabdullah

Selasa , 07 November 2017 12:00
Parpol Melunak, Danny Melaju

Dok. RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Partai pendukung bakal calon Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto akhirnya melunak, setelah sebelumnya sempat menolak keputusan wali kota petahana ini untuk menggandeng politisi partai NasDem Indira Mulyasari Paramastuti sebagai calon wakilnya.

Kondisi ini pun menepis kabar jika sejumlah partai pengusung Danny Pomanto–sapaan Wali Kota Makassar ini akan menarik dukungan, meski konstalasi politik menjelang Pemilihan Walikota (Pilwakot) Makassar tak bisa ditebak, bisa saja dalam hitungan detik, koalisi pengusung bisa berubah.

Diketahui saat ini ada 9 partai dibarisan Danny Pomanto, 6 partai parlemen dan 3 partai baru, diantaranya PDIP, PKS, PAN, PPP, Gerindra, PKB, Partai Berkarya, Perindo dan Idaman

Ketua Desk Pilkada Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulsel, Syamsuddin Carlos menilai kinerja Danny Pomanto dalam membesarkan dan mensejahterakan masyarakat Kota Makassar cukup membanggakan. Sehingga, kata dia, tidak salah jika PAN memberikan dukungannya ke Danny Pomanto.

Syamsuddin menjelaskan, PAN tidak mempermasalahkan siapa dan dari kalangan mana bakal calon pendamping Danny kelak. Yang jelas, bakal calon pendampingnya nanti mampu bersinergi bersama untuk memajukan Kota Makassar untuk lebih baik lagi.

“Pak Danny seperti pengantin laki-laki biarkan dia memilih pasangannya yg jelas kita mendukung Pak Danny menjadi pengantin sehingga saya pikir Danny memilih pasangannya yg membantu dia bekerja lebih mensejahterakan masyarakat dan Makassar dua kali tambah baik dan dikenal seluruh dunia,” tutur Legislator DPRD Sulsel ini.

Soal kader Nasdem yang akan menjadi wakil Danny Pomanto, Ia mengatakan itu bukan menjadi persoalan, yang jelas kata dia, Danny adalah satu-satunya kandidat yang diyakini mampu menjadi pemenang nantinya.

“Kan awalnya kita mendorong kader, pak Danny katakan kalau sesuai dengan survei dia akan terima kita sudah serahkan, yang penting PAN akan melihat bagaimana Makassar ini bisa lebih baik. Tidak ada masalah, walaupun kami sangat berharap Pak Danny mengambil kader PAN yg akan diambil. Rekomendasi sudah ada untuk pak Danny, kita tetap serahkan ke beliau siapapun pasangannya karena Danny Pomanto akan memilih yang terbaik. Mungkin hari Rabu rekomendasinya sudah keluar, Insyaallah,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Kota Makassar, Mudzakkir Ali Djamil optimis partainya akan mengusung Danny Pomanto dan Indira Mulyasari Paramastuti sebagai bakal calon walikota dan wakil walikota Makassar.

Bahkan, angggota DPRD Makassar ini mengatakan, dalam waktu dekat rekomendasi akan diberikan kepada Danny-Indira. “Sebelum deklarasi Insyaallah rekomendasi diberikan ke Pak Danny,” tuturnya.

Perihal berakhirnya surat tugas yang diberikan PKS ke Danny Pomanto, Muda –sapaan akrab Mudzakkir Ali Djamil mengatakan bahwa hal tersebut akan dikomunikasikan dalam waktu dekat.

“Kita tunggu waktu luangnya Pak Danny untuk bertemu. Intinya bahwa 1.000 persen PKS ke Pak Danny siapapun wakilnya nanti,” terang Muda.

Senada dengan itu, juru Bicara Partai Gerindra Sulsel, Sawaluddin Arief tak menampik jika Gerindra akan mengusung Danny-Indira. Ia mengatakan jika Gerindra telah menyampaikan ke publik untuk mengusung pasangan Danny-Indira pada Pilwalkot mendatang. “Pilwalkot Makassar, Gerindra akan usung Danny-Indira,” ujarnya.

Soal tawaran dari Gerindra untuk mengusulkan kadernya untuk berpaket dengan Danny Pomanto. Wakil Ketua Gerindra Sulsel ini menyebutkan ada tiga nama kader internal yang akan ditawarkan paket dengan Danny. Meski demikian hal itu bukan sebuah keharusan bagi Danny Pomanto untuk memilih kader partai besutan Prabowo ini.

“Kita tawarkan kader internal jadi wakilnya pak Danny, yakni Andi Kilat Karaka, Deniary Alwi Hamu dan Erick Horas,” tuturnya.

Ketua Gerindra Sulawesi Selatan Idris Manggabarani (IMB) menambahkan, jika Partai Gerindra telah bulat mengusung petahana Danny Pomanto. “Gerindra tetap dukung petahana di Pilwalkot Makassar, mau paket sama Indira atau siapapun, kita tetap mengusung,” ujarnya.

Menurutnya, Gerindra belum memberikan Surat Keputusan (SK) rekomendasi ke Danny karena Danny belum memiliki pasangan. Begitu sudah ada pasangan, maka SK rekomendasi akan diserahkan ke Danny berasma paketnya.

Dia menambahkan, alasannya mendukung paket Danny-Indira karena bendahara Partai NasDem Makassar, Indira tidak memiliki resistensi dengan partai lain sehingga cukup diterima oleh partai dan masyarakat.

“Selain itu, Indira dapat menjadi bagian keterwakilan perempuan. Tapi semua kembali ke Danny dalam menentukan calon pendampingnya,” pungkasnya. (*)


div>