JUMAT , 22 JUNI 2018

Partai Baru Berburu Caleg (4-Selesai), Garuda Munculkan Tokoh Baru di Parlemen

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

asharabdullah

Senin , 05 Maret 2018 14:11
Partai Baru Berburu Caleg (4-Selesai), Garuda Munculkan Tokoh Baru di Parlemen

LOLOS VERIFIKASI. KPU menyatakan DPP Partai Garuda memenuhi syarat verifikasi faktual sebagai peserta Pemilu 2019. Pasca ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2019, Partai Garuda memilih fokus pada pemilihan calon legislatif di tahun 2019 nanti. (int)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan empat parpol baru berlaga pada Pemilu 2019 mendatang. Empat parpol tersebut kini tengah berburu Calon Legislatif (Caleg) untuk persiapan Pesta Demokrasi 2019 mendatang.

Empat parpol tersebut adalah Partai Berkarya, Partai Garuda, Perindo, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Khusus Partai Garuda, rupanya telah menyiapkan strategi menggunakan jurus jitu rekrut calon legislatif 2019 mendatang.

Ketua DPD Garuda Sulsel, Moh Ilham Abdullah, menuturkan, pasca ditetapkan Partai Garuda lolos ikut peserta pemilu 2019, pihaknya lebih memilih fokus pada pemilihan calon legislatif di tahun 2019 nanti. Adapun pendaftaran sejak tanggal 1 Maret sampai bulan Juni mendatang.

“Lokasi pendaftaran bisa di kantor DPD Garuda Sulsel, Jl. Hertasning. Sedangkan untuk kabupaten, bisa di kantor DPC masing-masing,” ujarnya.

Abdullah Mansuri mengatakan, Partai Garuda ingin menghadirkan tokoh-tokoh baru dalam parlemen.

“Fokus kami ada di pemilihan caleg. Kami ingin munculkan tokoh-tokoh baru. Untuk pendaftaran, sejak tanggal 1 Maret sampai Juni mendatang,” terangnya.

Partai Garuda lolos menjadi peserta Pemilu 2019. Partai ini mendapat nomor urut 6. Garuda adalah akronim dari Gerakan Perubahan Indonesia. Meski partai ini masih berusia dua tahun lebih, namun sudah menjadi peserta Pemilu setelah dideklarasikan, 16 April 2015 lalu.

Untuk proses serta jumlah kuota yang diterima Partai Garuda, Moh Ilham, menjelaskan, partai yang dipimpin dalam merekrut caleg gratis alias bebas biaya.

“Biaya gratis. Target di DPR RI 40 kursi dari semua provinsi. Khusus di Sulsel, DPRD Provinsi 8 kursi. Kalau kabupaten kota 80 kursi,” katanya.

Ia menegaskan, saat ini juga kepengurusan Partai Garuda sudah terbentuk di 24 kabupaten kota di Sulsel. Meski secara realitas jarang muncul di permukaan, akan tetapi partainya bergerak diam-diam secara masif.

“Alhamdulillah, kalau kepengurusan sudah terbentuk. Di 24 kabupaten kota di Sulsel. Pergerakan sangat masif,” imbuhnya.

Moh Ilham menambahkan, dalam waktu dekat akan dilakukan rakornis bersama DPP di Kota Makassar, guna pembekalan kepada pengurus partai serta caleg yang maju lewat Partai Garuda.

“Setiap partai itu inginkan sesuatu yang nyata. Begitu juga Garuda, kami upayakan masuk parlemen. Untuk melihat siapa berkomitmen dan berkompetisi serta kompeten. Pertengahan bulan ini kami Rakorda undang DPP, pembahasan strategi pemenangan di kabupaten kota,” paparnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Garuda Kota Palopo, Hasdar, menyampaikan wujud syukur atas lolosnya Partai Garuda sebagai peserta Pemilu 2019 mendatang.

Khusus di Kota Palopo, lolosnya Partai Garuda karena adanya hasil kerja keras para pengurus mulai dari tingkat DPC dan PAC hingga ranting. “Insya Allah kami membuka rekruitmen caleg,” singkatnya. (*)


div>