MINGGU , 22 JULI 2018

Partai Baru Berburu Caleg, Perindo Sulsel Siapkan 170 Kuota

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 03 Maret 2018 13:30
Partai Baru Berburu Caleg, Perindo Sulsel Siapkan 170 Kuota

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan empat Partai Politik (Parpol) baru yang akan berlaga pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang. Empat Parpol itu antara lain Partai Berkarya, Partai Garuda, Perindo, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Oleh karena itu, sebagai bentuk persiapan menghadapi Pemilu 2019, keempat Parpol tersebut kini sedang gencar melakukan perekrutan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) pada seluruh tingkatan, mulai dari tingkat Dewan Pimpinan Pusat (DPP), hingga tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Meski terbilang sebagai Parpol baru dalam kancah demokrasi, tentu keempat Parpol itu tidak ingin asal-asalan dalam menentukan Bacaleg. Apalagi, yang dipilih nantinya akan menjadi ujung tombak dalam meraih suara dan simpati rakyat.

Terkait hal itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Perindo Sulsel, Sanusi Ramdhan mengatakan partainya membuka pendaftaran Bacaleg secara serentak pada 24 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perindo se-Sulsel pada tanggal 1 Februari hingga 2 Maret. “Pendaftaran gratis, tak dipungut biaya,” kata Sanusi.

Menurutnya, langkah tersebut diambil sebagai salah satu starategi untuk memberikan ruang kepada masyarakat untuk bergabung pada Partai Perindo guna memenangkan Pemilu 2019 mendatang.

Oleh sebab itu, ia mengajak seluruh masyarakat di Sulsel untuk melakukan pendaftaran sebagai Bacaleg jika ingin mengabdi kepada masyarakat melalui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Kita buka selebar-lebarnya bagi masyarakat yang ingin mengabdi dan berjuang untuk tanah air, khususnya Sulsel lewar jalur legislatif,” ungkapnya.

“Ini terbuka untuk umum. Syarat internal Bacaleg wajib sosialiasi program pasangan calon dukungan kami di Pilgub yakni Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka). Mengikuti latihan kader madya untuk Bacaleg provinsi dan latihan kader dasar untuk kabupaten/kota,” tambahnya.

Menurutnya, proses seleksi nantinya akan dilakukan untuk melihat komposisi tepat sebelum didaftarkan pada KPU Juni mendatang.

“Proses pendaftaran dan jumlah masih berlangsung. Jumlah Bacaleg paling tidak dua kali lipat dari apa kita butuhkan yakni 85 orang untuk masuk 11 Daerah Pemilihan (Dapil),” terangnya.

Saat ditanya tentang kewajiban kader atau bakal calon legislatif untuk mensosialisasikan pasangan IYL Cakka, Sanusi mengaku kebijakan tersebut bukan semata dari DPW Perindo Suslel. Akan tetapi, istruksi dari DPP sesuai rekomendasi.

“Itu perintah langsung dari DPP, bahkan kewajiban Caleg membuat pernyataan diatas meterai untuk mensosialisasikan IYL-Cakka. Apalagi, Kita ingin menang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD Perindo Makassar, Ruslan Mahmud mengatakan pendaftaran Bacaleg hingga Maret 2018 mendatang. Pengumuman hasil administrasi dan kelayakan Bacaleg dilakukan apda April 2018.

“Setelah tahap semua pendaftar. Proses uji publik dan fit and propert tes akan dilakukan untuk melihat kapabilitas setiap Bacaleg. Termasuk ada tahapan wawancara,” kata Ruslan.

Dia menambahkan, khusus untuk Kota Makassar, Perindo telah menargetkan 5 kursi. “Saya lihat untuk yang di Kota Makassar ini luar biasa untuk mengambil formolir. Makanya kami target lima kursi di DPRD Kota Makassar,” pungkasnya. (*)


div>