MINGGU , 20 JANUARI 2019

Partai Gurem, Mimpi Besar

Reporter:

Iskanto

Editor:

Jumat , 14 Desember 2018 09:30
Partai Gurem, Mimpi Besar

ilutrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Partai gurem atau partai yang perolehan suaranya kecil, punya mimpi besar pada Pemilu 2019 mendatang. Tak tanggung-tanggung, partai yang tergolong kecil ini menargetkan kursi pimpinan.

Ketua PKPI Sulsel, Suzanna Kaharuddin menargetkan kursi pimpinan DPRD di empat daerah di Sulsel. Empat daerah itu yakni Kabupaten Toraja, Toraja Utara, Luwu, serta Kabupaten Takalar.

“2014 lalu, PKPI di Kabupaten Takalar sudah dapat unsur pimpinan. Nah, pada Pileg 2019 saya berharap bisa dapat Ketua DPRD. Saya berharap juga di Kabupaten Luwu, Toraja dan Toraja Utara. Saya yakin empat kabupaten, PKPI bisa merebut kursi pimpinan,” ujar Suzanna.

Alasannya kata anggota DPRD Sulsel tersebut, pada Pileg 2014 lalu, PKPI di Kabupaten Toraja meraih 3 kursi. “Sehingga Pileg nanti kita target lima kursi. Begitu juga dengan tiga kabupaten lainnya. Apa lagi komposisi caleg PKPI sangat berpotensi meraioh target itu,” jelasnya.

Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Makassar, Affandi Ibrahim jika partainya menargetkan 1 kursi setiap dapil. Untuk mencapai tujuan partai, pihaknya gencar melakukan komunikasi antar caleg. Meskipun mereka maju sebagai caleg di dapil yang sama.

“Semua teman-teman memastikan PSI dapat kursi saja, bukan individu. PSI itu tidak seperti partai lain, kita sering komunikasi. Kalau partai baru itu harus saling support satu sama lain,” ujarnya.

Pihaknya menuturkan, langkah yang dilakukan PSI berbeda dengan partai yang sudah besar. Kata dia, sebagai partai baru pihaknya perlu melakukan beberapa komunikasi internal agar mendapatkan basis suara.

“Beda dengan partai besar yang sudah punya basis, punya suara. Jadi mainnya individu, kalau kita tidak. Kita sudah sepakat untuk mendahulukan kepentingan partai dulu. Kita tidak memikirkan diri sendiri, tapi memikirkan bagaimana bisa mendapatkan kursi,” tuturnya.

Sejauh ini pihaknya masih melihat PSI cukup lemah dibeberapa dapil. Namun, pihaknya bisa memastikan bahwa pada Januari mendatang internal PSI sudah bisa memastikan mendapat satu kursi.

“Kalau untuk DPRD Kota Makassar Dapil IV sekarang memang masih mengarah mendapatkan kursi. Karena saya juga tidak mau cepat pastikan kalau di dapil IV, memang agak lemah. Tapi Insya Allah sampai di Januari ini kita sudah bisa pastikan satu kursi di Dapil IV,” pungkasnya. (fah-mg02)


div>