RABU , 21 NOVEMBER 2018

Pasang APK Tak Sesuai Regulasi, Bawaslu Jeneponto Akan Beri Tindakan

Reporter:

Jejeth Aprianto

Editor:

Iskanto

Senin , 05 November 2018 12:49
Pasang APK Tak Sesuai Regulasi, Bawaslu Jeneponto Akan Beri Tindakan

Ketua Bawaslu Jeneponto, Saiful, SH.

JENEPONTO, RAKYATSULSEL.COM – Memasuki masa kampanye Calon Legislatif (Caleg), 23 September 2018 hingga 13 April 2019 mendatang, sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) telah menghiasi beberapa titik di Kabupaten Jeneponto.

Namun pelbagai APK tersebut, ternyata milik sejumlah Caleg yang ikut berlaga pada Pileg 2019. Sehingga, APK ini terkesan asal pasang dan mengganggu keindahan Kabupaten Jeneponto.

Ketua Bawaslu Jeneponto, Saeful mengatakan, sejauh ini APK yang terpasang tidak sesuai dengan regulasi yang ada.

” Pandangan kami, ada beberapa APK tidak sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh KPU antara lain APK yang dipasang di tempat yang terlarang. Seperti, di pohon dan tempat umum lainnya,” jelas dia, Senin (5/11).

Sementara itu, bawaslu juga telah menyampaikan kepada pihak terkait agar segera menertibkan APK yang tidak sesuai dengan regulasi.

” Terhadap penanganan ini, kami sudah menyampaikan ke lembaga yang terkait seperti Pemkab Jeneponto, Satpol PP dengan menggunakan pendekatan regulasi Pemilu maupun Peraturan Daerah,” ujarnya.

Menurutnya, APK liar ini mengganggu keindahan kota. Dia juga membeberkan, sejauh ini KPU belum pernah mencetak APK Pileg maupun Pilpres.

“Ini kan sangat mengganggu tata keindahan kota dengan adanya APK yang tidak sesuai regulasi. Sejauh ini, APK sendiri belum dicetak oleh KPU. Yang banyak terpasang ini adalah APK yang dibuat dan dipasang oleh peserta Pemilu,” pungkasnya.


div>