JUMAT , 14 DESEMBER 2018

Pasar Jawa Barat Berminat ke Sulsel

Reporter:

Editor:

Lukman

Sabtu , 04 Agustus 2018 14:57
Pasar Jawa Barat Berminat ke Sulsel

Acara kerjasama regional dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah Jawa Barat, di Bandung (02/08/2018).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM -Berbagai cara dilakukan oleh pemangku kepentingan Pariwisata Sulawesi Selatan untuk menjaga citra Pariwisata serta menaikan volume kunjungan wisatawan.

Dengan tidak mengesampingkan ruang komunikasi digital yang saat ini efisien untuk mengantar informasi produk ke pasar, tetapi hal ini dinilai masih belum cukup oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah Sulawesi Selatan untuk terus melakukan penetrasi pasar.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah Sulawesi Selatan, Andi Januar Jaury Dharwis pada sambutannya di acara kerjasama regional dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah Jawa Barat, di Bandung (02/08/2018).

Kerjasama ini dinilai penting untuk saling memberi keistimewaan terhadap produk wisata yang dimiliki masing-masing daerah untuk menjawab variasi pilihan wisatawan. “Saling memberi rebounds (lemparan),” kata Andi Januar Jaury Dharwis di hadapan jajaran stakeholders kepariwisataan Jawa Barat.

Turut hadir pada acara ini Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Kepariwisataan Jawa Barat, Kepala BPPD Jawa Barat beserta seluruh perwakilan asosiasi industri Pariwisata se Jawa Barat, tidak ketinggalan Ketua DPD ASITA Sulawesi Selatan Didi Leonardo Manaba.

Selain saling mendukung dalam hal rebounds, kerjasama ini juga bertujuan untuk menarik minat masyarakat Jawa Barat untuk berkunjung ke Sulawesi Selatan dalam rangka berwisata.

Sebagaimana diketahui bahwa, penduduk Jawa Barat yang berjumlah 48 juta jiwa, pertumbuhan Ekonomi 6-7%, dan spesifikasi produk wisata yang berbeda dengan Sulawesi Selatan, memberikan pilihan tersendiri kepada calon wisatawan Jawa Barat untuk berminat dan membeli paket tur ke Sulsel.

Sangat beralasan bagi pasar Jawa Barat untuk berkunjung ke Sulsel. Sebagai “the Heart of Wonderful Indonesia” jantungnya Pesona Indonesia menawarkan kemudahan transportation udara dari kota mana pun karena Makassar merupakan penghubung Indonesia tengah dan timur.

Apalagi saat ini rute Makassar Bandung dan sebaliknya telah dilayani oleh salah satu maskapai penerbangan setiap hari. Kekuatan kebudayaan dan wisata alam, utamanya wisata bahari yang dimiliki Sulawesi Selatan menjadi daya Tarik tersendiri bagi pasar Jawa Barat.

Bagaimana pun kekuatan produk wisata yang dimiliki Sulawesi Selatan harus terus menyesuaikan dengan iklim persaingan.

Sulsel tudak hanya bersaing dengan daerah lainnya di nusantara ini, tetapi juga bersaing secara global dengan negara lain karena scara statistic hanya industry Pariwisata yang mengalami kenaikan dari waktu ke waktu secara global.

Wajar kalau akhirnya semua negara dan daerah berlomba-lomba untuk menampilkan produk wisatanya yang unggul dan kompetitif. Selanjutnya meskipun secara kawasan destination, Sulawesi Selatan masih tertinggal kuantitas dari daerah lainnya tetapi secara kualitas 4 kawasan destination yakni Makassar dan sekitarnya, Toraja dan sekitarnya, Danau tempe dan konsorsium kabupaten yang terikat, serta bulukumba dan sekitarnya termasuk selayar dan taka bone rate, memiliki daya Tarik tersendiri apalagi jika dikapitalisasi dgn geographic sebagai jantungnya Pesona Indonesia.

“Kita berharap kerjasama ini memberi dampak perekonomian bagi Sulawesi Selatan khususnya para industry Pariwisata yang terurai di pelaku usaha hingga masyarakat. Badan Promosi Pariwisata Daerah Sulawesi Selatan sangat optimis atas Ekspektasi pasar Jawa Barat. Penetrasi berikutnya akan melakukan hal yang sama ke provinsi-provinsi potensial lainnya sambil terus menyempurnakan keunggulan produk dan paket yang kompetitif. Demikian pula menjadi dorongan bagi kab/kota sabagai pemilik produk wisata untuk terus melakukan inovasi kepariwisataan utamanya infrastruktur SDM dan masyarakat,” jelasnya. (*)


div>