SABTU , 20 OKTOBER 2018

Pasca Gerhana Matahari Terungkap, Fenomena Aneh di Langit Makassar

Reporter:

Editor:

hur

Jumat , 11 Maret 2016 18:42

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika Wilayah VI kota Makassar membeberkan fakta ilmiah tentang fenomena aneh yang terjadi di langit kota Makassar.

Kepala Stasiun Klimatologi Kelas 1 Maros–Makassar Balai Besar BMKG Wilayah IV Makassar, Abdul Mothalib saat bertemu Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto di rumah jabatan walikota beberapa waktu lalu memperlihatkan sebuah fenomena aneh di atas langit Makassar, berupa pergerakan awan tebal yang tidak biasa.

“Dari hasil pemantauan yang kami lakukan, beberapa kali sekumpulan awan tebal yang bergerak ke daratan kota Makassar gagal menembus daratan dan pecah di pinggir laut. Padahal, awan tebal yang membawa curah hujan tinggi ini sangat berpotensi membuat kota Makassar mengalami kebanjiran,” ujar Abdul Mothalib.

Menurut Abdul Mothalib, kondisi alam ini kemungkinan akibat suhu yang terjadi di atmosfer, di mana permukaan laut yang lebih dingin dan masuk kedaratan Makassar yang lebih hangat, akibatnya awan lebih banyak pecah di laut.

“Kita tidak tahu kenapa fenomena ini terjadi beberapa kali, padahal jika
awan-awan tebal ini berhasil tembus ke daratan, potensi banjir sangat mungkin terjadi di Makassar, tapi alhamdulillah, inilah kekuasaan Allah,” lanjutnya.

Terkait perkembangan kondisi cuaca di kota Makassar, Abdul Mothalib menjelaskan jika Makassar saat ini sedang mengalami masa transisi dari musim hujan ke musim kemarau. Menurutnya, fase ini menyebabkan curah hujan kerap mengalami spot–spot dan tidak menyeluruh di seluruh wilayah Makassar.


Tag
  • gerhana
  •  
    div>