RABU , 19 DESEMBER 2018

Paslon Diberi 3 Hari Gugat Penetapan KPU

Reporter:

asharabdullah

Editor:

Kamis , 05 Juli 2018 10:45
Paslon Diberi 3 Hari Gugat Penetapan KPU

ILUSTRASI

* Hari ini Tujuh Daerah Menggelar Pleno

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) di empat daerah dari 12 daerah yang menggelar Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) serentak 2018, Rabu (4/7) kemarin, telah merampungkan pleno hasil rekapitulasi suara.

Empat daerah tersebut, masing-masing Kabupaten Bantaeng, Enrekang, Sidrap dan Luwu, sementara delapan daerah lainnya yakni Kota Makassar, Palopo, Parepare, Kabupaten Bone, Wajo, Pinrang, Jeneponto dan Sinjai rencananya akan merampungkan rekapitulasi suara hari ini, Kamis dan (5/7), sementara Kota parepare baru akan melakukan penetapan pada Minggu (8/7).

Meski 100 persen telah selesai rekap ditingkap kecamatan, namun pihak KPU kabupaten/kota tidak ingin mengumbar hasil tersebut.

Di Kota Makassar, 153 Kelurahan, 15 kecamatan telah rampung melakukan rekapitulasi hasil perhitungan suara pada pemilihan Wali Kota (Pilwali) Makassar. Dari data yang dihimpun, kolom kosong (Koko) unggul dari suara pasangan Munafri Arifuddin – Andi Rachmatika Dewi (Appi-cicu).

Koko sendiri mendominasi hampir seluruh kecamatan, hanya tersisa dua kecamatan kemenangan milik pasangan Appi-Cicu. Yakni Kecamatan Mamajang dan Manggala.

Berdasarkan data dari Lembaga Pemantau Independen Pemuda Pancasila, kolom kosong meraih sebanyak 300.794 suara dengan persentase 53,24 persen. Sementara pasangan calon tunggal Appi-Cicu hanya meraih 264.168 suara dengan persentase 46,76 persen.

Komisioner KPU Makassar, Andi Syaifuddin mengatakan, hingga saat ini, pihaknya masih sibuk melakukan perampungan rekapitulasi suara. Oleh karena itu, diharapkan seluruh pihak untuk tidak mengklaim kemenangan sebelum ada penetapan dari penyelenggara KPU.

“Hasil rekapitulasi suara di tingkat kecamatan akan kita rampungkan hari ini, dan diharapkan berjalan lancar. Kami juga sampaikan bahwa hingga saat ini belum ada pemenang Pilkada Makassar,” ujar Andi Syaifuddin.

Menurutnya pelaksanaan rekapitulasi suara ditingkat kecamatan berjalan lancar, bahkan kotak suara bertahap sudah di salurkan ke kantor KPU Makassar dengan pengawalan ketat aparat kepolisian. Dan rencananya pelaksanaan rekapitulasi suara akan berlangsung Kamis besok. “Jadi besok (hari ini) rencana rampung,” katanya.

KPU Kabupaten Bone juga rencananya baru akan melangsungkan rekap pada hari kedua dari jadwal yang telah ditetapkan. “Besok (hari ini) kita pleno, sudah selesai semua, tinggal dibacakan semua hasil rekapnya secara permanen sesuai dengan tahapan,” kata Ketua KPU Bone, Izharul Haq.

Namun memang, Izharul Haq belum bisa menyebutkan berapa jumlah rekap suara akhir. Hal itu lantaran data rekap akhir baru akan disampaikan pada pleno rekap, Kamis 5 Juli.

“Besoklah, sebenarnya sudah terekspos, cuma karena kita bicara angka ini saya tidak bisa sebutkan karena saya lagi diluar ini,” jelasnya.

Untuk gugatan sendiri lanjutnya, sampai saat ini belum ada yang diterima oleh KPU Bone. Karena memang, gugatan baru bisa dilayangkan oleh tim paslon setelah KPU memplenokan hasil rekap.

Itupun, kata dia, tim paslon diberikan waktu tiga hari terhitung sejak pleno dilakukan untuk menyampaikan gugatannya. Setelah batas waktu tiga hari selesai maka keputusan KPU tidak dapat diganggu gugat lagi.

“Besok (hari ini) ditetapkan, kita lakukan rekap sekaligus penetapan. Jadi kalau ada yang menggugat tiga hari setelah itu tidak bisa lagi,” paparnya.

“Gugatan itukan masuk di pengadilan, tidak ada masuk di KPU. Kalau ada yang mau menggugat nanti setelah penetapan. Gugatan inikan seseorang yang berhak menggugat atas putusan. Nah kita belum membuat putusan sehingga belum ada gugatan,” lanjutnya.

Hal yang sama dikatakan oleh Ketua KPU Wajo Andi Nurwana, ia mengaku bahwa pleno juga baru akan digelar Kamis 5 Juli. Meskipun begitu, Andi Nurwana belum bisa menyebutkan berapa jumlah rekap akhir yang telah dilakukan. “Kita pleno itu tanggal 5, kita belum bisa ditetapkan, nanti kalau selesai direkap,” jelasnya.

Andi Nurwana menuturkan sejauh ini tidak satupun tim paslon yang mengajukan gugatan. Karena memang, KPU belum melakukan pleno rekap penetapan siapa kandidat yang memiliki suara terbanyak.

“Sampai saat ini belum ada, kita tidak tau setelah penetapan nanti. Kita tunggu tiga hari setelah penetapan, adakah gugatan atau tidak. Kan begitu aturannya,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Palopo, Haedar Djiddar yang dikonfirmasi mengatakan, pleno rekapitusi penetapan juga baru akan digelar di hari kedua sejak jadwal pleno ditetapkan. Ia juga belum bisa menyebutkan secara pasti jumlah rekap akhir KPU terhadap pilkada Palopo.

“Kalau palopo itu besok tanggal 5 kita pleno. Untuk rekap saya belum lihat dan tanyakan operator. Untuk rekap saya betul-betul menyerahkan sepenuhnya ke mereka,” terangnya.

Ia mengakui sampai saat ini kondisi pilkada palopo masih aman dan tanpa kendala. Karena memang belum ada tim paslon yang mengajukan keberatan sampai saat ini.

“Tidak ada, Sampai hari ini, sejak kita lakukan rekap ditingkat PPK sampai hari ini laporan ke kami belum ada kalau ada sanggahan atau protes dari paslon yang kalah. Kalau saya melihat semuanya menerima hasil,” tandasnya.

Rabu kemarin, KPU Kabupaten Pinrang juga telah menyelesaikan hasil rekapitulasi penghitungan suara di 12 kecamatan se Kabupaten Pinrang. Walau telah ada hasil perhitungan cepat dan hasil perhitungan tingkat kecamatan telah masuk. KPU Pinrang baru akan melakukan perhitungan Kamis hari ini.

“(Besok) hari ini baru kita melakukan perhitungan,” kata ketua KPU Pinrang, Mansyur Hendrik saat dikonfirmasi.

Walau ada hasil perhitungan cepat. Pihaknya juga tetap melakukan perhitungan manual. Bahkan pihaknya tidak ingin berandai-andai jika saat ini sudah ada hitung cepat dan dimenangkan pasangan nomor urut 2. “Besok (Hari ini) saja kita lihat,” jelasnya.

Sementara itu, KPU Kabupaten Bantaeng telah menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara, Rabu (4/7). Pada rekapitulasi tersebut, hasilnya, Paslon nomor urut tiga, Dr. Ilham Azikin – Sahabuddin (IlhamSAH) memenangkan pertarungan di pilkada Bantaeng dengan jumlah suara sebanyak 48.549 suara disusul paslon nomor urut dua, Andi Sugiarti – Andi Mappatoba (Sumanga’NA) sebanyak 40.027 suara dan terakhir paslon nomor urut satu, M. Alwi – Nurdin Halim (Siana’Ta) memperoleh sebanyak 17.267 suara.

Hal yang sama juga diungkapkan Komisioner KPU Sinjai, Ridwan Usman. Pihaknya tidak ingin mengumbar hasil rekapitulasi meski hasil rekapitulasi ditingkat kecamatan telah selesai.

“Besok (hari ini) baru kita rekap ditingkat KPU. Jadi tidak usah saya sebut dulu, besok (hari ini) pasti ketahuan,” singkat Ridwan Usman. (*)


Tag
  • pilkada 2018
  •  
    div>